Hari UMKM Nasional, Begini Dukungan Pekerja BRI Bagi Pelaku Usaha

RI menggelar gerakan sosial BRILiaN Sahabat UMKM
Sumber :

VIVA – Memperingati Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2021, lebih dari 125 ribu pekerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar gerakan sosial BRILiaN Sahabat UMKM. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan nyata bagi pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Semangat UMKM, Semangat Angkringan 66

“Seluruh pekerja BRI menggunakan momentum ini sebagai aksi sosial yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terpapar atau terdampak Covid-19,” ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto.

Analisis Motivasi Konsumen UMKM Superdecor.id untuk Strategi Pemasaran

Pertama, gerakan belanja serentak untuk UMKM di seluruh Indonesia. Catur berharap melalui aktivitas ini dapat membantu cashflow dan pendapatan pelaku UMKM. Dari catatan BRI, sejak 1 Mei 2020 hingga saat ini gerakan berbelanja di UMKM oleh pekerja BRI mencapai lebih dari 354 ribu transaksi dengan nominal mencapai Rp29,4 miliar.

“Tentunya angka tersebut diharapkan akan semakin bertambah besar pada peringatan Hari UMKM Nasional tahun ini”, tambahnya.

Kemenkop UKM Dorong Pelaku UMKM Buat NIB dan Sertifikat Halal

Kedua, aksi sosial Insan BRILiaN. Pada hari spesial ini, barang yang dibelanjakan oleh Insan BRILiaN akan didonasikan dan diberikan kepada masyarakat sekitarnya yang terpapar atau terdampak pandemi Covid-19.

Catur melanjutkan, aktivitas ketiga adalah literasi digital pelaku UMKM. Aktivitas ini ditujukan untuk membantu pelaku UMKM dan juga nasabah menggunakan produk Digital BRI seperti BRImo, QRIS, E-Banking, dan produk digital lainnya. Hal ini merupakan upaya dan komitmen BRI untuk terus melakukan literasi digital kepada pelaku UMKM, serta membantu UMKM agar berhasil naik kelas.

Melalui literasi digital tersebut harapannya pelaku UMKM dapat memperluas pasar, memperoleh kemudahan akses layanan keuangan, hingga edukasi.

“Literasi digital ini pun diharapkan dapat membantu percepatan pelaku UMKM dalam merespon tantangan dan perubahan cara bertransaksi ke depan”, ungkapnya. 

Catur mengungkapkan lebih lanjut, Gerakan BRILiaN Sahabat UMKM ini, akan terus bergulir sebagai wujud komitmen, tidak hanya BRI secara korporasi, tetapi juga aksi nyata dari seluruh pekerja BRI yang senantiasa membantu pelaku usaha UMKM untuk bangkit dikondisi pandemi ini dan dapat terus naik kelas.

Selain itu, pada Hari UMKM Nasional BRI pun mengadakan pula program reward bagi UMKM dengan total hadiah mencapi Rp 285 juta. Syaratnya, UMKM wajib mendaftar menjadi merchant QRIS BRI. Kemudian, transaksi pada UMKM menggunakan QRIS BRI baik dengan QRIS static atau BRImo QR Pedagang. Setelah itu, penghitungan reward menggunakan sales volume dari 190 merchant atau UMKM dengan sales volume tertinggi akan diberikan reward hadiah. Program ini sendiri berlangsung dari 12-31 Agustus 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya