Drama Korea Lovely Runner Buktikan Popularitas Tak Selalu Ditentukan Rating

Drama Korea Lovely Runner
Sumber :
  • Viu

KOREA SELATAN – Drama Lovely Runner saat ini sedang menjadi topik hangat di Korea Selatan meskipun memiliki rating yang biasa-biasa saja.

Jangan Terlewat! Ini 5 Drama Korea Terbaru Bulan Juni 2024 yang Tayang di Viu

Lovely Runner mengisahkan tentang Ryu Sun Jae (diperankan oleh Byeon Woo Seok), seorang bintang top terkenal di Korea. Im Sol (diperankan oleh Kim Hye Yoon), adalah penggemar nomor satu Sun Jae yang selalu mendukungnya.

Dunia Im Sol hancur pada saat mendengar kabar bahwa Sun Jae telah meninggal. Di tengah kesedihannya, Im Sol terbangun dan mendapati dirinya melakukan perjalanan waktu ke 15 tahun lalu, saat Sun Jae dan dirinya berusia 19 tahun. Pada saat itulah Im Sol bertekad untuk menyelamatkan Sun Jae agar masa depannya berubah.

Krystal Dikonfirmasi jadi Cameo Spesial di Drama The Player 2: Master of Swindlers

Ingin tahu sebenarnya apa yang membuat drama Lovely Runner ini menjadi sangat populer di berbagai negara, khususnya lagi Korea Selatan, meskipun drama tersebut tidak mendapatkan rating yang tinggi? Sebelum nonton drakor Lovely Runner di Viu, simak penjabaran yang disampaikan melalui acara untuk membahas strategi media terbaru tvN!

Alasan Lovely Runner Tidak Memiliki Rating Tinggi Meski Sangat Populer

Sinopsis Branding in Seongsu Episode 8: Ide Tak Biasa Lomon Demi Kembali ke Tubuh Asli

Pada tanggal 8 Mei, acara Media Talk yang bertajuk “Orang tidak menonton TV di tahun 2030? Namun, tvN berbeda” membahas tentang strategi media terbaru dari tvN yang berlangsung di CJ ENM Center di Sangam-dong, Seoul.

Dalam acara ini telah hadir banyak orang-orang yang memimpin pemasaran media dari tvN, seperti ‘Kepala Bisnis Media CJ ENM’ Hong Ki Sung, yang bertugas mengubah konten menjadi keuntungan, ‘Kepada Bisnis Saluran’ Park Sang Hyuk, yang bertugas untuk meningkatkan data saing dalam organisasi dan konten, serta ‘Kepala Pemasaran Bisnis Media’ Koo Ja Young, yang memimpin pemasaran media serta viral.

Melalui acara ini, mereka menyebutkan drama Lovely Runner sebagai salah satu topik yang dibahas. Drama yang pertama kali tayang pada 8 April ini telah mencatat rating yang lumayan yaitu 4,756% pada 6 Mei untuk episode 9 dan 5,973% pada 7 Mei untuk episode 7.

Jika dibandingkan dengan drama akhir pekan sebelumnya, Queen of Tears, yang berhasil mencapai rating hingga 24% dalam rating nasional dan 28% dalam rating wilayah Seoul, memang rekor Lovely Runner sangatlah jauh di bawahnya. Namun, alih-alih rating, drama ini berhasil tampil dengan sangat baik dalam hal popularitas dibandingkan dengan Queen of Tears.

Berdasarkan Peringkat Popularitas Drama TV-OTT yang dirilis oleh Good Data Corporation di tanggal 8 Mei, drama Lovely Runner berhasil menempati posisi No. 1, ini merupakan peningkatan 23% dibandingkan dengan penilaian di minggu sebelumnya.

Selain itu, aktor utama Byeon Woo Seok dan Kim Hye Yoon menduduki peringkat No. 1 dan No. 2 di daftar popularitas untuk aktor drama. Bahkan mereka berdua telah melampaui Kim Soo Hyun yang menduduki peringkat No. 4 di minggu sebelumnya.

Jika melihat kesenjangan antara jumlah penonton dan popularitas, Park Sang Hyuk menjelaskan, “Rating penonton drama saat ini memang tidak eksplosif, tetapi jika mempersempit target penonton, hasil yang berbeda bisa terjadi. Kami fokus pada rating  2049 hari ini, dan bahkan menunjukkan hasil yang positif.

Angkat ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan angka pemeringkatan lainnya. Saya pikir konten yang dibuat berdasarkan topik hangat dan bukan berdasarkan rating pemirsa bisa menghasilkan minat yang lebih besar.”

Kim Ho Joon juga berkomentar, “Aspek terpenting dalam hal ini tampaknya adalah keberadaan konten yang tepat sehingga dapat memuaskan semua orang. Saya berharap dapat menciptakan karya yang bisa diingat oleh pemirsa selamanya, daripada hanya berfokus pada rating sebagai sebuah pencapaian.”

Selain itu, berdasarkan kepopuleran dramanya, Lovely Runner telah berhasil mengenai sasarannya. Drama dengan alur cerita yang ringan dan nuansa romantis yang mendebarkan hati para pemirsa, Lovely Runner sukses membuat penonton yang berada di usia remaja dan dewasa awal merasakan getaran yang menyenangkan.

Seperti yang diketahui bahwa penonton remaja hingga dewasa awal ini lebih suka menyaksikan drama melalui aplikasi OTT (TVing) dibandingkan dengan televisi. Inilah yang membuat drama Lovely Runner tetap mendapatkan popularitas yang tinggi.

Salah seorang netizen dengan nama akun @/iseeyougo_ mengomentari sebuah unggahan dari base kdrama_menfess di aplikasi X, ia menjelaskan berdasarkan informasi yang didapatkan dari website theqhoo, artikel dari drama Lovely Runner sendiri bisa muncul lima hingga tujuh artikel dalam satu halangan. Ini menjadi bukti bahwa drama ini sangatlah populer di Korea Selatan.

Selain itu, ia juga menuliskan meski Lovely Runner tidak mendapatkan rating yang tinggi dan para pemerannya masih berada di tahap awal karier mereka, di website Korea seperti theqoo, instiz, dan pann cafe, para aktor selalu dibicarakan dan menjadi trending.

Hal inilah yang membuktikan jika Lovely Runner memiliki popularitas yang sangat luar biasa di Korea Selatan, meskipun memiliki rating yang cenderung biasa-biasa saja. Selain itu, semua orang juga bisa mengenal Byeon Woo Seok dan Kim Hye Yoon sebagai aktor dan aktris dengan chemistry yang sempurna dalam berbagai aspek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya