Lagu Ciptaan Andien Bakal Jadi Theme Song International Golo Mori Jazz Festival 2024

Andien Aisyah
Sumber :
  • Prambanan Jazz Festival 2022

Bali, VIVA – Lagu tentang kerinduan sebuah tempat ciptaan Andien Aisyah, bakal digunakan sebagai theme song gelaran International Golo Mori Jazz Festival 2024 yang akan digelar di Kawasan ITDC Golo Mori, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, pada 16 November 2024 mendatang.

Andien Meriahkan Roadshow International Golo Mori Jazz 2024, Paduan Musik dan Pemandangan Syahdu

Menurut penyanyi yang akrab disapa Andien itu, lagu tentang kerinduan terhadap sebuah tempat diciptakan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

Andien mengaku tidak ada kendala dalam pembuatan lagu untuk theme Golo Mori Jazz Festival itu. Pembuatan lagu berkolaborasi dengan gitaris bernama Nikita Dompas dengan memasukan unsur jazz dipadu dengan musik etnik.

25 Tahun Berkarya, Andien Bahagia Tampil Perdana di Pestapora 2024

"Lagu itu ciptaan aku dan Nikita Dompas. Ketika pertama kali di-challenge untuk membuat sebuah lagu sepertinya benar-benar tidak kesusahan sih," jelas Andien usai konferensi pers road to International Golo Mori Jazz Festival 2024 di Beachwalk,  Bali, pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Andien saat konferensi pers Road to International Golo Mori Jazz Festival 2024 di Beachwalk, Bali.

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
BNI Java Jazz Festival 2024 Sukses Digelar, Sandiaga Uno Bangga Dipuji Wisatawan Asing

Dari awal pembuatan lagu, Andien merasa yakin akan memasukan bunyi-bunyian dari bambu. Dikatakan Andien, Nikita sudah memiliki tema gitar yang menggambarkan kedamaian di Golo Mori.

"Untuk membuat lagu tersebut aku tuh kayak ngebayangin lagi ada di Golo Mori terus nyeker kakinya, ada di atas bukit, aku bisa melihat laut, aku bisa merasakan angin, aku bisa nyanyi sambil berputar-putar di bukit. Dan memang itu rasanya," ucapnya.

"Kerinduan akan sesuatu yang membuat kita jadi tenang, kerinduan akan sesuatu yang membuat kita damai. Kerinduan tentang sebuah suasana yang membuat kita tuh jadi cinta," imbuhnya.

Menurutnya, lagu yang diciptakan ini tidak berbicara tentang seseorang, akan tetapi seperti ada rasa yang disconnect dengan rasa tersebut.

"Ada satu rasa punya kita sendiri yang terkadang kita disconnect dengan rasa tersebut. Ketika kita di Golo Mori, di Gunung Tuhan itu kita bisa kembali merasakan rasa itu lagi," kata Andien.

Saat ditanya judul untuk lagunya, Andien mengungkapkan, lagu jazz yang akan dijadikan sebagai theme song Golo Mori Jazz Festival ini belum diberi judul. Akan tetapi, Andien berencana akan memberi judul Nostalgia Rasa.

"Kira-kira judulnya Nostalgia Rasa, sepertinya begitu," jelas Andien.

Lagu yang bercerita tentang keindahan kawasan ITDC Golo Mori Nusa Tenggara Timur itu selain berunsur jazz juga menambahkan suara musik etnik dengan bunyi-bunyian bambu.

"Jadi kan ada kayak permainan bambu gitu ya, nah itu diambil suara-suara bambunya dijadikan ornamen gitu dalam lagunya tersebut," jelasnya.

Sementara itu, pada gelaran International Golo Mori Jazz Festival 2024 Andien akan membawakan 7 lagu.

"Konsepnya memang kita sesuaikan. Baik dari lagu  dan aransemenya memang menyesuaikan surrounding-nya gitu," ucapnya.

International Golo Mori Jazz Festival 2024 akan menghadirkan penyanyi-penyanyi kondang seperti Andien, Tohpati Orchestra, Sheila Majid dan Maliq & D''Essential.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya