Harmoni Ruang Rupa & Suara: Menggabungkan Seni Lukis-Musik dalam Satu Pertunjukan

Pertunjukan seni “Harmoni Ruang Rupa dan Suara”
Sumber :
  • ist

Jakarta, VIVA – Keindahan visual dan musikalitas digabungkan dalam pertunjukan seni yang unik bertajuk “Harmoni Ruang Rupa dan Suara”. Acara itu berlangsung di Jakarta, Jumat 16 Agustus 2024.

Putri Ayu Azhari Isabelle Tramp Curi Perhatian, Sambut Hari Musik Nasional Bersama Sang Anak

Acara itu menampilkan kolaborasi inovasi antara pelukis ternama John Martono dan komponis Indonesia Purwacaraka bersama para siswa/i dari lembaga kursus musik Purwa Caraka Music Studio.

John Martono merupakan seorang pelukis yang dikenal dengan karya-karya yang penuh warna dan ekspresif. Dia bakal melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya melukis langsung di sebuah instrumen piano.

Pameran PUSPA HATI: Upaya Dorong Apresiasi Seni Rupa Indonesia

Menggunakan teknik dan gaya khasnya, dia akan menjadikan piano sebagai kanvas hidup, menciptakan karya seni yang bukan hanya memanjakan mata tetapi juga menyatu dengan alunan musik. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sementara penampilan musik dari maestro musik Indonesia Purwacaraka, makin memeriahkan acara itu dengan alunan indah dari nada-nada yang dihasilkan lewat instrument piano yang di mainkannya.

6 Lukisan Menyeramkan Karya Seniman Terkenal, Dijamin Bikin Terkejut!

"Harmoni Ruang Rupa & Suara" adalah sebuah perayaan kreaPvitas yang merangkul dua bentuk seni: lukisan dan musik. John Martono, seorang pelukis terkemuka yang dikenal dengan karya-karya yang penuh warna dan ekspresif, akan melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya-melukis langsung di sebuah instrumen piano.

Dengan teknik dan gaya khasnya, John Martono akan menjadikan piano sebagai kanvas hidup, menciptakan karya seni yang bukan hanya memanjakan mata tetapi juga menyatu dengan alunan musik.

Nama John Martono dikenal secara luas melalui karya-karyanya berupa lukisan dan mural yang terpajang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Mural karya John Martono banyak ditemukan di sudut-sudut kota Bandung (Fly over Pelangi).

Sebelumnya John dikenal sebagai pelukis pertama di Indonesia yang menggunakan kain sutra sebagai media pengganti kanvas. Beliau juga aktif terlibat dalam berbagai pameran seni yang diselenggarakan di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Australia,Singapore, China, beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan musik dari maestro musik Indonesia Purwa Tjaraka dengan alunan indah dari nada-nada yang dihasilkan lewat instrument Piano yang dimainkannya.

Selain itu turut menghadirkan anak-anak berbakat yang akan menyajikan repertoar yang beragam, mulai dari solo vokal, vokal grup, solo drum dan lainnya.

Penampilan musik ini akan membentuk latar belakang yang harmonis bagi proses kreatif John Martono, menambah dimensi baru pada setiap sentuhan kuas dan nada yang dihasilkan.

Selain itu, acara ini juga melibatkan banyak anak-anak untuk bisa mensPmulasi kreatifitasnya dengan kegiatan mewarnai,.
Peserta lomba mewarnai ini merupakan anak-anak usia TK hingga SD.

Ada 2 kategori lomba yaitu kategori TK dengan usia anak maksimal 5 tahun dan kategori SD dengan range usia anak 6-12 tahun.

Antusiasme para peserta dan orangtua terlihat sangat tinggi karna ketika kami mulai announce lomba ini, banyak sekali peserta yang mendasar namun kami harus membatasi jumlah peserta dikarenakan space dan waktu yang terbatas.

"Kami sangat antusias untuk mempersembahkan acara ini kepada publik," ujar Purwa Tjaraka, CEO sekaligus Founder Purwa Caraka Music Studio

"Menggabungkan seni lukis dengan musik adalah sebuah langkah inovatif yang tidak hanya memperluas batasan seni, tetapi juga menawarkan pengalaman yang memikat dan mengesankan bagi semua orang yang hadir,"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya