Govinda Wujudkan Mimpi untuk Rekam Album Terbaru di Abbey Road Studios

Govinda
Sumber :
  • ist

Jakarta – Grup band Govinda, yang terdiri dari Ifan Hadari (vokal), Ade Nurulianto (gitar), Yosafat Luki Marendra (bass), dan Ritchie 'Jeje' Ismail (drum), kembali menyapa penggemar musik tanah air dengan album terbaru mereka berjudul Govinda Live Studio Session - London 2023. Album ini direkam di studio legendaris Abbey Road, Inggris, dan dirilis dalam dua format: digital dan vinyl, menambahkan nuansa klasik pada karya terbaru mereka.

Simak Kisah Emosional di Lagu Terbaru The Dramma, Ini Terlalu Indah Untuk Abadi

"Kami happy banget, ini penantian panjang dari usaha yang maksimal kami. Ini mimpi yang menjadi nyatanya Govinda. Senang banget pastinya," ungkap Ifan Hadari dengan antusiasme dalam sebuah konferensi pers di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Juli 2024. Scroll lebih lanjut ya.

Ade Nurulianto, gitaris Govinda, mengutarakan bahwa album ini merupakan cerminan perjalanan panjang mereka selama 16 tahun berkarier di industri musik. Dengan penuh kepuasan, ia mengisahkan proses kreatif dan produksi album yang melibatkan aransemen dan rekaman live, sesuatu yang telah lama mereka impikan.

Boleh Merindu, Genapi Lagu Jaz Hayat di Album Pesan Cinta

"Benar-benar lengkap aja gitu album ini, arransemen dan live recording juga keinginan kita walaupun PR banget, tapi terwujud. Terus mixing di Abbey Road dan bareng sama National Symphony Orchestra," ujarnya dengan penuh kebanggaan.

Govinda Blak-blakan Perihal Biaya Pembuatan Album Baru, Capai Rp2 Miliar?

Perasaan nostalgia dan penghargaan terhadap kerja keras selama bertahun-tahun juga dirasakan oleh Yosafat Luki Marendra, bassis Govinda. Ia menceritakan, "Pas dirilis semalam, ya memikirkan usaha kita melahirkan 12 lagu ini dengan jatuh bangunnya kita, ya merasa jadi sebuah penghargaan lah, makanya kami rilis dalam bentuk vinyl."

Album ini juga menghadirkan sentuhan spesial dengan daur ulang lagu Pilihlah Aku karya Denny Chasmala yang pernah dipopulerkan oleh Kris Dayanti. Ifan menjelaskan bahwa pemilihan lagu ini bertujuan untuk menambahkan elemen nostalgia dan melengkapi pencapaian tinggi Govinda.

Govinda

Photo :
  • ist

"Selama 16 tahun kebelakang kami tidak pernah merilis karya orang lain atau pernah populer pada zamannya. Untuk melengkapi pencapaian tinggi Govinda, kami memilih salah satu lagu meremake lagu yang sejalan dengan album kita, akhirnya memilih lagu Pilihlah Aku," jelas Ifan.

Proses produksi album ini melibatkan nama-nama besar di industri musik internasional. Mixing dilakukan oleh Chris Bolster, seorang engineer ternama yang telah bekerja dengan band-band seperti Placebo, Coldplay, dan Foo Fighters. Sedangkan proses mastering dikerjakan oleh Alex Gordon, yang dikenal melalui karyanya dengan artis-artis seperti The 1975 dan Liam Gallagher.

"Ini yang jadi pembeda, demi mewujudkan mimpi kami, Govinda melibatkan banyak orang hebat di album ini. Semoga saja bisa disukai banyak orang," tutup Ade.

Daftar Lagu di Album "Govinda Live Studio Session - London 2023":
1. Episode Bahagia
2. Karya Seni Favorit
3. Rindu Menyiksa
4. Bawa Aku Lari
5. Satu Frekuensi
6. Hal Hebat
7. Rahasia Besar
8. Cinta Terakhir
9. Mantan Terbaik
10. Siapa Yang Pantas
11. Pilihan Hatimu
12. Pilihlah Aku

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya