Mengenal David Elsandro, Produser Musik yang Bikin Sukses Suara Kayu Hingga Fiersa Besari

David Elsandro
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Produser menjadi salah satu bagian penting dalam lahirnya sebuah karya lagu ataupun album musik bagi seorang penyanyi. Salah satu produser musik yang selama ini berjuang memajukan musik Tanah Air adalah David Elsandro.

Clara Riva Comeback Jadi Penyanyi, Rilis Lagu Coba Waras

David telah berkarier di dunia musik sejak beberapa tahun terakhir. Berkarier jadi seorang produser, David mengaku merasa senang dan bangga karena bisa menjadi bagian dari kesuksesan seorang musisi atau penyanyi. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

"Menjadi seorang music producer merupakan sebuah privilege, karena bisa melihat dan ikut andil dalam perjuangan dan perjalanan karier dari musisi itu sendiri,” kata David dalam keterangannya, dikutip Kamis 18 Juli 2024. 

Alam dan Sara Ceritakan Pengalaman Cinta Sejati Lewat Lagu Ini

"Gue juga jadi terus secara otomatis untuk ikut belajar jadi lebih peka terhadap jenis musik yang berbeda-beda genre, begitu juga dengan karakter penyanyi yang berbeda-beda,” lanjutnya.

200 Seniman Rayakan 40 Tahun YMJ dalam Beyond the Notes

Berkisah mengenai awal mula terjun sebagai seorang produser musik, sebenarnya sangat menarik bagi David. Ia tidak menyangka akan menekuni karier di ranah produser. Saat terjun ke dunia musik, David sebenarnya memiliki mimpi untuk menjadi drummer session player. 

"Ya, kalau dibilang secara religius, Tuhan itu seperti menggiring gue untuk jadi seorang music producer karena gue merasa suka saja bikin sesuatu dan mengulik sesuatu dari sebuah musik,” kata David. 

Lebih lanjut, David merasa seorang produser musik harus ‘mengonsumsi’ banyak lagu sehingga dapat membayangkan bagaimana proses pembuatan dari awal hingga lagunya rampung. 

"Selain itu, produser juga bisa berkomunikasi dengan baik juga percaya diri, sih. Karena tidak akan ada penyanyi yang berhasil tanpa adanya music producer dan penulis lagu yang berjuang sebegitunya di belakang sang penyanyi," kata David.

Sejauh ini sudah banyak penyanyi yang mempercayai David untuk jadi produser karya musik mereka, seperti Aruma, Arash Buana, FAV (Aldo, Mahen, Fredo, Wendra), Luthfi Aulia, Awdella, Suara Kayu, hingga penyanyi solo ternama, Fiersa Besari

Terus produktif, David saat ini tengah mengerjakan beberapa project seperti album baru Suara Kayu, Laura Geraldine, Awdella dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, untuk menunjukkan keseriusannya di industri musik, David juga kini telah mendirikan sebuah music production yang bernama LDR (Lihat Dengar Rasakan).

“Gue berharap para produser dan penulis lagu bisa mendapatkan sistem yang jauh lebih baik dan efektif untuk mendapatkan hak mereka. Selain itu, dari segi attitude para penyanyi untuk dapat lebih menghargai para produser yang sejak awal jadi orang di belakang layar dan yang mendukung mereka, karena gue percaya kalau rasa saling menghargai itu sering dilakukan, akan banyak music producer yang lebih sejahtera hidupnya,” tutup David.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya