Jagoan-jagoan Reggae Tanah Air Bakal Kolaborasi Garap Album

Musisi Eki Humania.
Sumber :
  • Island Vibes.

JAKARTA – Pergerakan musik reggae di Indonesia bakal kembali menggeliat. Hal ini ditandai dengan hadirnya Island Vibes, sebuah album yang melibatkan sejumlah jagoan reggae Tanah Air, di antaranya Coconuttreez (CTTZ), Ricard D Gillis, S2B Family, dan beberapa lainnya.

Ini Lirik Lagu Pandai Bicara dari Anneth

Bukan hanya album, Island Vibes juga siap didengungkan di 10 kota yang tersebar di Jawa, Bali, dan Lombok melalui tur konser bertajuk Island Vibes Reggae Party sepanjang 3 Juli-3 Agustus 2024. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Island Vibes menjadi album reggae yang cukup unik. Pasalnya, di balik dapurnya turut terdapat nama Eki Puradiredja atau yang dikenal Eki Humania yang bertindak sebagai produser. Eki atau EQ Humania bukanlah nama baru di belantika musik Tanah Air. Musisi 54 tahun ini sudah terjun di industri musik sejak lebih dari 4 dekade yang lalu.

Dipadati Ribuan Penonton, Island Vibes Reggae Party 2024 Sukses Gebrak Tangerang

Bapak tiga anak ini mengaku sudah bermain musik sejak masih kecil atau ketika duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar (SD). Saat SMA, Eki pun menjadi seorang drummer untuk band di sekolahnya.

Jeje Dikabarkan Maju Jadi Calon Bupati Bandung Barat, Ade Govinda Respons Begini

"Gue SMA di Hong Kong, gue sekolah di SIHK. Karena muridnya sedikit, kekurangan pemain drum, akhirnya gua jadi pemain drum di band SMA. Itu berlangsung sampai gua pulang ke Indonesia," ujar Eki Humania saat berjumpa di Arooma Herloom Serviced Residence BSD, Kabupaten Tangerang, Rabu 3 Juli 2024. 

Semasa SMA, Eki juga sempat bermain band bersama rapper kondang, Iwa K atau sekitar 1987-1988. 

"Ya, sama Iwa K dan Black - namanya Ian tapi kita panggilnya Black, dia juga rapper. Oh iya, sama Otti Jamalus pemain piano jazz, dia pemain keyboard di zaman SMA," jelasnya.

Setelah kembali ke Tanah Air, Eki juga sempat bermain band bersama kakak-kakaknya di Universitas Jayabaya, serta teman-teman di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dia pun menambahkan jika sejak kecil dirinya kerap nongkrong di IKJ, bahkan sempat daftar kuliah di IKJ meski akhirnya dia harus kuliah di Institut Bisnis Indonesia (IBI).

Sekitar tahun 1988 atau semasa kuliah, pria kelahiran 19 Agustus 1969 ini pernah melihat salah satu stasiun televisi nasional yang terus menerus menayangkan video musik. Dari situ, Eki merasa tertarik untuk belajar membuat video klip dan film, sehingga dia memutuskan untuk menimba ilmu di Sydney, Australia.

Awal Keterlibatan di Island Vibes
Dengan segudang pengalamannya di industri musik sejak akhirnya 1980-an, Eki pun menerima tawaran untuk menggarap album reggae, Island Vibes. Tentunya, ini bukan keputusan yang mudah bagi Eki Puradiredja, karena dia belum pernah memproduksi album reggae.

"Awalnya saya dihubungi sama tim Riverbrick untuk memproduksi album reggae. Bandnya apa? Band Coconuttreez gitu. Begitu awalnya. Nah, buat gue ini seru nih, karena belum pernah memproduksi band reggae," ujarnya.

"Orang itu kenalnya gue produser band jazz, funk, new soul kayak Maliq. Dan gue bikin festival, ada festival jazz, festival soulnation, dan juga ada rock sebenernya. Di rock festivalnya ini band-band reggae juga kita mainin kan," sambung Eki.

Di Balik Proses Penggarapan Album Island Vibes
Album Island Vibes dikerjakan di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat, selama 18 bulan. Terdapat cukup banyak cerita menarik di balik proses pengerjaan album tersebut.

Bukan hanya menyulap ruang rapat sebuah resort menjadi sebuah studio rekaman, namun terdapat juga detail-detail lain yang enggan untuk dilewatkan. Bagaimana suasana pantai yang begitu menenangkan dihadirkan dalam karya di album Island Vibes.

Dengan melibatkan banyak musisi reggae dalam negeri, album Island Vibes diharapkan bisa menjadi kebangkitan pergerakan musik reggae Tanah Air.

"Reggae itu dari komunitas kecil terus growing sampai di semua pelosok Indonesia dan dunia. Kelompok kecil tapi strong, minoritas tapi kuat. Nah, ini yang coba kita terjemahkan ke dalam sebuah karya dan sebuah album bahwa ini bukan sekadar musik, tapi terdapat cerita apa di baliknya," ungkap Eki.

Island Vibes pun dihadirkan sebagai upaya untuk memberikan penghargaan tertinggi tehadap para pionir musik reggae di Indonesia, nama-nama yang dari dulu sudah memperjuangkan dan mengenalkan reggae di Tanah Air.

tur Island Vibes Reggae Party tahap pertama akan menyinggahi 10 kota, yakni Tangerang 3 Juli, Jakarta 5 Juli, Bandung 10 Juli, Purwokerto 13 Juli, Yogyakarta 17 Juli, Semarang 20 Juli, Malang 24 Juli, Banyuwangi 27 Juli, Bali 31 Juli dan Lombok 3 Agustus 2024. Informasi selengkapnya bisa diikuti melalui akun Instagram @islandvibes.music.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya