Ubernoize: Bloodshed Tour 2024 Siap Menggebrak 5 Kota, Anak Metal Wajib Merapat!

Burgerkill
Sumber :
  • IG @burgerkillofficial

JAKARTA – Sebanyak lima band terbaik Ujungberung siap tancap gas dan menghajar jalanan dalam rangkaian Ubernoize: Bloodshed Tour 2024 di lima kota. Ujungberung merupakan salah satu kawasan di timur kota Bandung. Aneka budaya populer dan produk kesenian pernah lahir dan tumbuh di sana, salah satunya adalah musik metal

Vagetoz Kembali Luncurkan Album Setelah Vakum Lebih dari 1 Dekade

Ubernoize adalah wujud peradaban anyar yang diusung sekali lagi oleh komunitas musik bawahtanah di Bandung – terutama dari mereka yang tumbuh di Ujungberung, kawasan yang telah menjadi legenda bagi skena musik ekstrem di Indonesia. Mereka semua tetap konsisten memainkan musik cadas hingga hari ini. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Gagasan ini diawali oleh sebuah proyek kompilasi bertajuk Ubernoize: Bloodline 4 Way Split, yang diisi oleh empat band kawakan yaitu Jasad, Beside, Forgotten dan Disinfected. Album yang dirilis resmi pada 1 Januari 2023 lalu melalui label rekaman Ubernoize Records itu, memuat 8 lagu di mana setiap band menyumbangkan dua buah lagu eksklusif. 

Rusuh! Penonton Bakar Panggung Festival Musik di Tangerang

Kompilasi ini dikemas dalam format CD dan kaset yang dipasarakan dalam jumlah terbatas. Pasca kompilasi Independent Rebel (1999) yang memuat beragam band dari satu tongkrongan di Ujungberung, kehadiran Ubernoize: Bloodline 4 Way Split bak momentum baru yang berhasil menyatukan mereka kembali dalam sesi rekaman bersama di tengah kesibukan band masing-masing.

Rilis Lagu Krisan, Band Nevach Hadirkan Pesan Positif dan Penuh Semangat

Selepas perilisan album Ubernoize: Bloodline 4 Way Split, keempat band tadi langsung tancap gas melakoni tur ke berbagai kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah selama Januari-Februari 2023. Gagasan untuk tampil di panggung seperti ini tentu tidak lepas dari spirit dan pengalaman mereka yang telah membangun festival musik legendaris Bandung Berisik sejak tahun 1995 hingga 2014 yang mampu meraup puluhan ribu penonton.  

Setahun setelah itu, mesin Ubernoize dipanaskan kembali. Kali ini mereka merancang tur yang lebih masif di pulau Jawa. Bertajuk Ubernoize: Bloodshed Tour 2024, tur ini bakal membawa Burgerkill, Jasad, Beside, Forgotten, dan Disinfected. Kelima band raksasa asal Ujungberung ini tentu sudah tidak asing lagi namanya bagi para metalhead di Indonesia.  

Burgerkill adalah band metal/hardcore terbesar di negeri ini dengan segudang pencapaian. Jasad hadir dengan musik death metal yang mengandalkan kecepatan, kerapatan distorsi serta ketukan blastbeat yang presisi. Beside menawarkan harmoni metalcore ala Swedish modern metal yang gagah dan megah. Forgotten siap melabrak bersama ketajaman death metal yang sarat akan pembangkangan dan huru-hara. Lalu ada Disinfected yang masih tetap ngotot mengusung barbaric old school death metal dengan brutalitas maksimal. 

Addy Gembel, Ketua Ubernoise sekaligus vokalis Forgotten, menjelaskan, Ubernoise Bloodshed Tour 2024 ini merupakan rangkaian lanjutan dari tahun sebelumnya. 

"Komposisi band yang main di sini masih sama, penambahannya cuma di Burgerkill. Rata-rata lineup band yang akan tampil di Bloodshed tour 2024 ini merupakan band-band yang sudah punya pengalaman manggung di luar negeri dan ini jadi akan sesuatu yang spesial. Kita bisa mengunjungi teman-teman yang ada di berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Jakarta," ujar Addy dalam keterangannya, dikutip Jumat 28 Juni 2024.

"Selain itu, kita juga akan mengajak teman-teman di kota-kota tersebut untuk bisa tampil bareng satu panggung kita bisa berbagi energi, berbagi hal positif, berbagi pengalaman. Dan tentunya ini jadi sesuatu yang spesial juga buat teman-teman yang ada di kota tersebut. Jadi itulah mungkin kenapa acara ini harus ditonton dan teman-teman harus hadir," sambungnya.

Ubernoize: Bloodshed Tour 2024 akan menyambangi lima kota di pulau Jawa, yaitu Pemalang (3 Agustus), Sragen (24 Agustus), Surabaya (7 September), Yogyakarta (21 September), serta Jakarta (12 Oktober). Dalam tur di setiap kotanya, kelima band tadi akan didampingi oleh 1 band Bandung, 1 band lokal setempat, serta 3 band lain hasil dari submisi yang terbuka untuk umum. Setiap pertunjukan di lima kota itu akan dikemas dalam format festival metal yang membidik target ribuan penonton. 

Tiket early birds dibuka mulai 27 Juni 2024 melalui pemesanan online di situs tiketapasaja(dot)com. Sementara informasi yang lebih detil mengenai venue, band submission, line up dan lain-lain, akan dikabarkan secara bertahap melalui media sosial resmi Ubernoize. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya