Duet Tak Terduga Mawar de Jongh dan Jaz di Bukan Dengan Dia

Mawar de Jongh dan Jaz
Sumber :
  • Sony Music

VIVA Showbiz – Mawar de Jongh dan Jaz untuk pertama kalinya berduet dalam sebuah single berjudul Bukan Dengan Dia. Lagu ini mempertemukan dua penyanyi dari label besar, Trinity Optima Production (Mawar) dan Sony Music Entertainment Indonesia (Jaz), dan diciptakan oleh Martinus Tin Tin serta Simhala Avadana atau Mhala. 

Indra Sinaga Ajak Pendengar untuk Bersabar Lewat Lagu Barunya

Kolaborasi ini merupakan bentuk eksplorasi untuk lebih mendekatkan diri kepada penikmat musik. Mawar dan Jaz dipilih karena masing-masing memiliki karakter dan suara yang khas, yang diharapkan menjadi daya tarik utama dalam single Bukan Dengan Dia. Scroll lebih lanjut ya.

Lagu ini, sesuai dengan judulnya, mengisahkan tentang sepasang kekasih yang tidak ditakdirkan bersama. Single ini sebenarnya sudah tercipta cukup lama, bahkan sebelum ide duet muncul.

Vagetoz Kembali Luncurkan Album Setelah Vakum Lebih dari 1 Dekade

"Lagu ini sudah ada sebelum ide duet tercetus, namun saat itu belum diputuskan lagunya akan dinyanyikan oleh siapa. Akhirnya, aku diberi tahu bahwa single ini akan dinyanyikan secara duet oleh aku dan Jaz. Rasanya senang sekali bisa berkolaborasi dengan salah satu penyanyi berbakat di negeri ini, apalagi aku sering mendengar lagu-lagu yang dia nyanyikan," jelas Mawar.

Mengikuti Jejak Tompi, Rendy Laks Rilis Hadirkan Di Matamu Cinta

Jaz, yang juga sudah mendengar demo Bukan Dengan Dia sejak pandemi, tidak menyangka akan membawakannya secara duet. 

"Sebenarnya, saat mendengar lagu ini pertama kali, dalam benakku, yang menyanyikannya hanya satu orang. Tapi, akhirnya diputuskan bahwa single ini akan lebih menarik saat dibawakan secara duet dan Mawar pun menjadi penyanyi perwakilan Trinity. Ini jelas kolaborasi yang menarik karena aku juga senang dengan lagu-lagu Mawar dan jarang sekali ada kerja sama yang mempertemukan dua penyanyi dari dua label besar," kata Jaz.

Meskipun ini pertemuan pertama mereka dalam sebuah single, keduanya sudah pernah bekerja sama dengan musisi lain. Mawar pernah berduet dengan Julian Jacob, Adikara, Dee Lestari, dan Juicy Luicy, sementara Jaz pernah bekerja sama dengan Lalahuta dan Kaka Azraff, seorang penyanyi asal Malaysia. Menyatukan dua penyanyi dalam satu lagu bukanlah hal yang mudah. Selain waktu, menyesuaikan nada dalam lagu ini diakui Jaz dan Mawar memiliki tantangan tersendiri.

"Menurutku, yang cukup sulit dari single ini adalah mencari nada yang pas untuk dinyanyikan kami berdua karena suara kami punya jangkauan yang berbeda. Kadang, sudah pas di aku, ternyata di Mawar nggak pas atau sebaliknya. Selain itu, aku kurang pandai dalam harmonisasi sehingga harus banyak melakukan penyesuaian," kata Jaz.

Mawar de Jongh dan Jaz

Photo :
  • Sony Music

Mawar pun mengakui bahwa jangkauan vokal yang berbeda membuat ia harus mengeluarkan usaha ekstra.

"Meski vokal menjadi tantangan untuk kami berdua, untunglah ada pengarah vokal Barsena yang membantu saat proses rekaman berlangsung sehingga tantangan ini bisa kami lewati," jelas Mawar.

Jaz dan Mawar benar-benar memanfaatkan waktu yang cukup singkat dalam penggarapan kolaborasi ini untuk membangun chemistry. Dengan kolaborasi dua penyanyi dari dua label berbeda, Mawar dan Jaz sama-sama mengutarakan harapannya agar lagu ini bisa mendapat sambutan positif dari semua yang mendengarkan.

"Semoga kami bisa bekerja sama lagi di masa yang akan datang karena aku sendiri merasa bahwa proyek ini sangat menyenangkan dan semoga lagu ini bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia, baik itu penggemar Mawar maupun pendengar musikku," ungkap Jaz.

Mawar pun berharap single ini tidak hanya disukai, tetapi juga memberi sesuatu bagi pendengarnya. Duet Mawar de Jongh dan Jaz, Bukan Dengan Dia, bisa didengarkan di platform musik digital mulai 28 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya