Ajang Pencarian Bakat Sulih Suara, Ciptakan Lapangan Kerja Baru di Bidang Industri Kreatif
- freepik
VIVA Showbiz – Voice Institute Indonesia kembali menggelar Wonder Voice of Indonesia. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, ajang pencarian bakat Sulih Suara (voiceover) ini merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif yang mampu menciptakan lapangan kerja.
“Ditemukan banyak talenta baru dengan suara unik dari para alumni Wonder Voice of Indonesia yang mengisi suara konten promosi banyak brand besar di tanah air. Program ini merupakan langkah konkret dari Kemenparekraf dalam penciptaan lapangan pekerjaan baru dan hasilnya bisa dirasakan oleh para alumni," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu 15 Juni 2024. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!
Sementara itu, founder dari Voice Institute Indonesia, Bimo Kusumo Yudo mengungkap bahwa perkembangan industri voiceover di Indonesia menawarkan peluang kerja bagi para voice talent profesional untuk berkembang dan memantapkan kariernya.
“Besarnya animo pendaftar pada Wonder Voice of Indonesia sebelumnya menunjukkan bagaimana awareness mengenai voiceover sudah sangat berkembang, jika dibandingkan beberapa tahun lalu. Pada intinya perkembangan industri voiceover di Indonesia menawarkan peluang kerja bagi para voice talent profesional untuk berkembang dan memantapkan kariernya,” katanya.
Rangkaian kegiatan Wonder Voice of Indonesia 2024 ini akan dibuka dengan program Wonder Voiceover Challenge yang akan dimulai pada 12 Juni hingga 2 Juli 2024. Dari seluruh peserta yang mengikuti ajang ini akan dipilih 30 besar yang akan mengikuti program berikutnya; Wonder Voice From Home, workshop voiceover yang diselenggarakan secara online. Dalam program tersebut, 30 peserta akan diseleksi lagi menjadi 20 finalis yang dapat mengikuti program terakhir, yaitu Wonder Voiceover Camp.
Pada workshop akhir ini, para finalis akan diberikan pembekalan dan materi serta praktik secara offline mengenai Voiceover, Audio Editing, dan Personal Branding.
Di sisi lain tujuan dari ajang ini adalah untuk mempromosikan pariwisata dan keanekaragaman budaya serta ekonomi kreatif yang terdapat di seluruh Indonesia lewat sulih suara (voiceover).
Sosialisasi ajang ini sendiri telah dilakukan di dua kota besar Indonesia yaitu Makassar 25 - 27 Mei 2024 dan Bali 3 Juni 2024 lalu. Pada kegiatan ini, para peserta diberikan bimbingan dan juga kisi-kisi untuk mengikuti kompetisi voiceover terbesar di Indonesia ini. Materi diberikan oleh Bimo Kusumo Yudo, Binta Nadhila, dan Dhanu Riza dari Voice Institute Indonesia.