Laleilmanino dan JKT48 Kompak Ajak Gen Z Berani Bersuara

Laleilmanino
Sumber :
  • ist

VIVA – Grup musik sekaligus pencipta lagu Laleilmanino berkolaborasi dengan JKT48, merilis sebuah lagu bertajuk Berani Bersuara <3<3 (Hati-hati). Lewat lirik lagu yang easy listening, mereka ingin mengedukasi anak muda di Indonesia, khususnya Generasi Z (Gen Z) untuk semakin bijak bermedia sosial, sehingga tercipta ruang berkreasi digital yang positif, beretika, dan aman. 

Debut di Industri Musik, iHateband Rilis Lagu Kemana Otakku Berlari

Sebagai bagian dari kampanye Makin Cakap Digital yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Laleilmanino menciptakan lagu tersebut dan dinyanyikan bersama JKT48. 

Peluncuran lagu ini akan diikuti dengan kampanye Duet Bareng JKT48 yang mengajak Gen Z untuk bernyanyi duet bersama personel JKT48 di Tiktok dan Nyanyi Bareng Laleilmanino di Instagram, sehingga tercipta kebersamaan dan keterikatan dengan pesan yang disampaikan di dalam lirik lagu tersebut.

Sering Dianggap Sebelah Mata, 5 Etos Kerja Gen Z Ini Ternyata Patut Ditiru

Nino, salah satu personel Laleilmanino, mengatakan, musik adalah media yang sangat hebat untuk menyadarkan kita akan nilai-nilai baik yang terkadang sering kita lupakan. 

Nino RAN

Photo :
  • VIVA.co,id/ Shalli Syartiqa
Menggenggam dan Melepaskan, Adiva Adelia Tampil Berani di Salah Menaruh Hati

"Dengan aransemen yang cukup upbeat dan penuh nada-nada riang, semoga para pendengar akan lebih mudah menerima lirik atau pesan yang tergolong serius bila dikemas secara fun, seperti judulnya menggunakan emotikon <3<3 yang maksudnya berarti hati-hati. Terkesan playful, digital, tapi maknanya dalam," ujar Nino dalam keterangannya, Senin 30 Mei 2022. 

Di sisi lain, JKT48 menyampaikan harapan mereka agar Gen Z dapat menunjukkan budi pekerti di ranah digital. 

"Masyarakat muda dan Gen Z cenderung mencari hiburan dan role model di media sosial. Melalui musik dan gerakan dance, kami ingin bisa menyentuh hati masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia," ujar Sheni, perwakilan dari idol group JKT 48.

Peluncuran kampanye ini dilakukan berdekatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei, dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk terus membangkitkan semangat kreatif Gen Z Indonesia dalam membuat konten positif dan berinovasi secara kreatif di platform digital secara beretika.

JKT48

Photo :
  • IG @jkt48

Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo, Rizki Ameliah, berharap kampanye #BeraniBersuara tidak hanya dapat mengedukasi dan menginspirasi Gen Z Indonesia untuk semakin cakap digital dan dapat membuat konten yang menarik saja. 

"Tapi mereka juga dapat memaknai dan merenungkan kembali pentingnya menggunakan media sosial dengan bijak, beretika, dan bebas dari dampak negatif seperti hoax, penipuan online, penyalahgunaan data pribadi serta cyberbully," ujarnya. 

Laleilmanino lebih lanjut mengungkapkan, meski mereka senang kini orang-orang lebih berani berekspresi, namun cukup disayangkan terkadang masih ada tautan atau komentar yang disampaikan tanpa memerhatikan etika yang baik. 

"Harapan kami, semoga lagu ini tidak hanya dapat menghibur telinga, tetapi maksud dari liriknya pun dapat dipahami dan dijadikan bahan pikiran Gen Z untuk menciptakan budaya berkomunikasi yang baik di Indonesia," tutup Laleilmanino.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya