Jadi Generasi Sandwich Sejak Usia 16 Tahun, Semua Harta Dara The Virgin Diam-Diam Dijual Keluarga

Dara The Virgin.
Sumber :
  • Instagram @darathevirgin

Jakarta, VIVA – Dara Rizki Ruhiana, vokalis band The Virgin, baru-baru ini membagikan pengalaman hidupnya yang penuh perjuangan.

Mungkinkah Sandwich Generation Capai Financial Freedom? Simak Cara Atur Keuangan yang Tepat

Di usianya yang masih belia, 16 tahun, Dara sudah terjebak dalam posisi sebagai generasi sandwich, di mana ia harus memikul beban finansial untuk keluarganya.

Istilah generasi sandwich sendiri merujuk pada kondisi seseorang yang harus menanggung beban finansial dua generasi sekaligus baik generasi di atas (orang tua) maupun generasi di bawah (anak atau adik) sehingga membuat mereka terjepit dalam tanggung jawab yang berat.

Beban Berat Anak Bungsu Plus Sandwich Generation dalam Home Sweet Loan

Perjuangan Dara dimulai ketika orang tuanya memutuskan untuk berpisah dan membentuk keluarga baru masing-masing.

Dara, yang masih sangat muda saat itu, terpaksa harus beradaptasi dengan situasi baru ini, yaitu keluarganya sudah memiliki kehidupan sendiri-sendiri.

Tips Menabung untuk Gen Z dan Sandwich Generation ala Kaluna Home Sweet Loan

“Soalnya aku dari (umur) 16 tahun, mama udah punya keluarga lagi, papa juga udah, adik udah. Cuma yang aku nggak habis pikir itu, aku ikhlas ya kak, buat keluarga aku ikhlas banget, cuman habis dari keluarga sendiri gitu,” ungkap Dara.

Salah satu momen terberat yang dialami Dara adalah ketika ia mengetahui bahwa aset yang ia kumpulkan sejak remaja telah dijual tanpa sepengetahuannya.

Pada tahun 2017, ketika Dara tengah merencanakan untuk menjual sawah yang menjadi salah satu hasil jerih payahnya, ia dikejutkan dengan kenyataan bahwa seluruh aset tersebut sudah dijual oleh keluarganya. 

“Waktu itu aku rencanain buat jual sawah, tapi ternyata ya udah dijual semuanya,” imbuhnya.

Dara dan Mita The Virgin.

Photo :
  • Instagram @mitathevirgin

Setelah kehilangan hampir semua yang dimilikinya, Dara harus memulai hidupnya kembali dari nol. Salah satu upaya yang ia lakukan adalah dengan mengaktifkan kembali karier musiknya bersama The Virgin, band yang telah membesarkan namanya.

Dara dan Mita kini kembali tampil di berbagai acara dan panggung untuk mengumpulkan rezeki yang baru.

"Jadi dari aku umur 16 tahun yang udah aku kumpulin udah ilang, semuanya ilang. Kaget. Harus mulai dari nol lagi," katanya.

Meski sempat merasa terluka, Dara tetap mencoba untuk ikhlas. Baginya, keikhlasan adalah kunci untuk membuka pintu rezeki yang baru.

“Sebenernya sakit sih, ikhlas, cuma ya namanya manusia ya, seikhlas-ikhlasnya pasti sakit hati,” ungkapnya.

“Ketika aku udah ikhlas, itu kebuka semua pintu rezekinya. Ada aja rezeki,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya