Buat Konten Setelah Jadi Anggota DPR, Uya Kuya Undang Pro Kontra

Uya Kuya dan Astrid
Sumber :
  • IG @king_uyakuya

Jakarta, VIVA – Unggahan Uya Kuya telah menuai kritik dari berbagai kalangan setelah ia membuat konten video yang dinilai kurang bermanfaat. Uya Kuya, yang kini resmi menjabat sebagai anggota DPR RI, dianggap tidak menampilkan citra yang sesuai dengan perannya sebagai wakil rakyat. Dalam video yang diunggahnya, pria berusia 49 tahun ini terlihat pamer sebagai anggota DPR RI yang memiliki ajudan, namun dalam konteks humor.

Baru Jadi Anggota DPR, Nafa Urbach Grogi karena Hal Ini

"Kapok pake Ajudan!" tulis Uya Kuya dalam postingan tersebut, yang diunggah baru-baru ini. Scroll lebih lanjut ya.

Video itu awalnya dimaksudkan sebagai konten hiburan, tetapi respons dari publik beragam. Tidak sedikit warganet yang menganggap bahwa konten tersebut tidak pantas dilakukan oleh seorang anggota DPR RI, terlebih setelah baru saja dilantik. Meski beberapa teman artisnya seperti Nafa Urbach dan Verrell Bramasta terlihat menanggapi dengan tawa, namun sebagian besar masyarakat justru menyampaikan kritik.

Sekjen DPR: Kami Bakal Hati-hati Tetapkan Tunjangan Perumahan Anggota DPR

Beberapa warganet menyoroti bahwa sebagai wakil rakyat, Uya Kuya seharusnya lebih fokus menunjukkan kinerjanya daripada membuat video lucu-lucuan. Mereka berpendapat bahwa peran seorang anggota DPR RI lebih penting daripada sekadar menghasilkan konten yang menghibur. Salah satu komentar warganet menyarankan agar Uya Kuya lebih sering membagikan hasil kerjanya untuk rakyat ketimbang membuat konten humor. 

Netizen Duga Via Vallen Alami KDRT, Unggahannya Bikin Khawatir

"Kalo uda jd anggota Dewan setidaknya jgn bikin konten yggak ada faedahnya ky gini.mas uya, jagalah marwah DPR, kasian rakyat yg milih kamu, ada waktunya lah kl mau komedi," tulis seorang pengguna media sosial dalam unggahan tersebut.

"Uya,buktikan aja fungsi legislatormu untuk manfaat bagi bangsa. Jangan dibanyakin gaya lawak yg basi. Dewasa sedikit. Jabatan anda itu amanah. Berat pertanggung jawaban di hadapan Allah nanti," kata yag lainnya.

Uya Kuya di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2024

Photo :
  • tvOne

Meski demikian, tak sedikit juga yang tetap mengapresiasi dan menikmati konten Uya Kuya, mengingat kariernya sebagai entertainer sebelum terjun ke dunia politik. Sebelum menjadi anggota DPR RI, Uya Kuya memang dikenal sering membuat video lawak yang disukai banyak orang.

“Enak juga pejabat mas Kuya sempat sempat nya melawak.semogah amanah selalu dalam menjalankan tugas nya untuk rakyat Indonesia,” komentar salah satu pengikutnya.

"SIni keren wakil rakyat beginilah yang bagus tidak tengang sekali" humoris,,, tugas wakil rakyat buat rakyat nyaman dan bahagia," tambah komentar lainnya.

Sebagai informasi tambahan, Uya Kuya, yang memiliki nama asli Surya Utama, berhasil lolos menjadi anggota DPR RI untuk daerah pemilihan (dapil) Jakarta 2 dengan perolehan suara sebanyak 81.463. Ia mencalonkan diri melalui Partai Amanat Nasional (PAN). 

Meski banyak yang mengenalnya sebagai seorang artis, latar belakang pendidikan Uya Kuya di bidang politik tidak bisa diremehkan. Ia merupakan lulusan Sarjana Ilmu Politik dari Universitas Indonesia, angkatan tahun 1994, yang turut memberi legitimasi atas kiprahnya di dunia politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya