5 Artis Punya Gelar Doktor Honoris Causa, Terbaru Raffi Ahmad dari UIPM Thailand

Raffi Ahmad (tengah).
Sumber :
  • Instagram @raffinagita1717.

Jakarta, VIVA – Artis Raffi Ahmad tengah disorot usai mendapatkan gelar doktor honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) di Thailand.

Nagita Slavina Melongo Liat Baju Michael Jordan Rp250 Juta, Netizen: Biasanya Gak Pernah Liat Harga

Namun, bersamaan dengan santernya kabar tersebut, warganet mempertanyakan soal keabsahan UIPM sebagai perguruan tinggi.

Bahkan saking penasarannya, seorang warganet di X (Twitter) @IbrahimNiar sempat melakukan penelusuran lokasi kampus UIPM di Bangkok, Thailand. Tapi kampus yang beralamat di Vibhavadi Rangsit 64 Yeak 3 Alley itu tidak ditemukan.

Terpopuler: Hasil Visum Tambahan Lolly, Nora Alexandra Sering Pulang ke Rumah Orangtua

Alamat kampus yang Beri Gelar Honoris Causa ke Raffi Ahmad

Photo :
  • X/IbrahumNiar

Mengejutkannya di alamat tersebut justru berdiri bangunan hotel. Saat ditelusuri lebih dalam di area sekitar, Niar tidak menemukan bangunan kampus UIPM.

Ustaz Khalid Basalamah Diduga Alumni dari Kampus yang Kasih Gelar Doktor ke Raffi Ahmad

Warganet lain, @mazzini_gsp juga ragu dengan akreditasi UIPM yang berasal dari Sovereign Knightly Order of the Kingdom of Prussia. Dia heran mengapa bisa kampus itu mendapatkan akreditasi dari Kerajaan yang sudah tiada.

Terlepas dari benar atau tidaknya UIPM, sejumlah publik figur atau artis sejatinya sudah banyak yang menerima gelar Doktor Honoris Causa. Gelar ini diberikan untuk mereka yang dianggap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, atau kemanusiaan. 

Lantas, siapa saja sosok artis penerima gelar kehormatan tersebut? Berikut informasi selengkapnya:

1. Sean ‘Diddy’ Combs

Rapper Sean Diddy Combs

Photo :
  • CNN International

Rapper Amerika Serikat, Sean ‘Diddy’ Combs menerima gelar doktor kehormatan dalam bidang humaniora dari Howard University pada 2014 silam.

Namun akibat kasus kekerasan yang dilakukan Diddy kepada mantan kekasihnya, Cassie Ventura pada bulan Mei lalu, Dewan Pengawas Howard University mencabut gelar kehormatan yang diberikan kepada Diddy.

2. Ed Sheeran

Ed Sheeran

Photo :
  • instagram @teddysphotos/marksurridge

Pelantun Photograph ini mendapat gelar kehormatan atas kontribusi luar biasa terhadap musik. Gelar tersebut diberikan oleh University Campus Suffolk di Ipswich, Inggris, pada 2015 lalu.

“Saya lulus hari ini, saya sekarang resmi menjadi Dr. Sheeran," tulis Ed Sheeran di Instagram pribadinya.

3. Justin Timberlake

Justin Timberlake

Photo :
  • http://www.fanpop.com

Pelantun Mirrors ini menerima gelar doktor musik kehormatan dari Berklee College of Music pada 2019 lalu.

“Tidak ada mimpi yang terlalu besar!!! Teruslah mengejar!!! Percayalah padaku… Aku seorang DOKTER!!” tulis Timberlake di Instagram.

4. Taylor Swift

Taylor Swift

Photo :
  • X @taylorswift13

Pelantun Blank Space ini mendapat gelar doktor kehormatan bidang seni rupa dari New York University pada 2022 lalu.

“Hal-hal sulit akan terjadi pada kita. Kita akan pulih. Kita akan belajar darinya. Kita akan tumbuh lebih tangguh karenanya,” ucapnya saat berpidato di acara wisuda.

5. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad

Photo :
  • IG @raffinagita1717

Raffi Ahmad menjadi artis Indonesia satu-satunya yang mendapat gelar doktor kehormatan atau honoris causa. Gelar itu ia peroleh dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand pada 2024.

Suami Nagita Slavina itu mendapat gelar kehormatan di bidang Event Management and Global Digital Development atas jasanya dalam pengembangan industri hiburan di Indonesia.

Gita Savitri.

Waduh! Foto Gita Savitri Dicatut UIPM Thailand, Diklaim sebagai Alumni

Influencer, Gita Savitri atau Gitasav meradang setelah mengetahui fotonya dicatut oleh Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2024