Kondisi Terkini Mat Solar 7 Tahun Kena Stroke, Sulit Bicara dan Penglihatan Terganggu

Mat Solar
Sumber :
  • Instagram @haidarrsyd

Pamulang, VIVA – Pelawak Mat Solar sudah lama tak tampil di layar kaca karena penyakit stroke yang diderita. Sejak tahun 2017 lalu, Mat Solar berjuang dengan penyakit stroke yang membuatnya tidak dapat beraktivitas dengan normal lagi seperti dahulu.

7 Tahun Kena Stroke, Mat Solar Masih Jalani Pengobatan Sampai Sekarang

Kondisi Mat Solar diungkap oleh sang anak, Haidar Rasyad alias Popon, bahwa baru-baru ini dibawa ke rumah sakit untuk tindakan pemasangan kateter.

Selebihnya, Mat Solar dalam kondisi yang baik-baik saja tidak seperti kabar hoaks yang menyebutkan bahwa sang artis telah meninggal dunia atau pun mengalami kondisi kritis.Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Terpopuler: Amanda Rigby Diajak Nikah Andre Taulany, Kondisi Mat Solar 7 Tahun Kena Stroke

VIVA Militer: Kapten Inf Tatang Taryono mengobati artis Mat Solar

Photo :
  • Youtube

"Kondisi ayah sih sekarang baik-baik aja, cuma kemarin ada tindakan masuk RS karena dia make kateter di alat kelaminnya. Saat itu susah dimasukkin makanya kemarin diberi tindakan di RS," ungkap Popon, saat ditemui di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu 15 September 2024.

Keluarga Bantah Sampai Jual Harta Benda untuk Pengobatan Stroke Mat Solar

Selama bertahun-tahun, Popon menyebut kondisi sang ayah tidak membaik secara signifikan namun juga tidak menurun secara mendadak.

Kondisi Mat Solar nampak tetap stabil meskipun ada beberapa kemampuan dalam dirinya yang mulai berkurang.

Misalnya soal kesulitan bicara, Mat Solar kabarnya tidak bisa mengucapkan kata maupun kalimat dengan lancar. Popon menduga hal itu juga dipengaruhi karena usia sang ayah yang kian menua.

Rieke Diah Pitaloka (kanan) ketika menjenguk Mat Solar (kiri) beberapa waktu silam.

Photo :
  • Instagram Rieke Diah Pitaloka

"Sama aja progresnya, masih aja kayak gitu. Cuma mungkin namanya umur udah segitu sudah susah untuk bicara," ungkap Popon.

Sebagai anak, tentunya Popon senantiasa membantu dan menghibur sang ayah. Ia juga melatih kemampuan bicara ayahnya agar bisa berkomunikasi dengan lancar lagi.

Beruntung, pendengaran Mat Solar masih terbilang cukup baik sehingga ia masih dapat menanggapi percakapan dengan orang sekitarnya.

Selain kesulitan bicara, penglihatan Mat Solar juga kian menurun yang diduga karena pengaruh obat mata tetes yang dulunya sering ia gunakan.

"Penglihatan iya (terganggu) karena dari dulu ayah suka pakai obat tetes terus. Penglihatannya agak buram, terganggu. Cuma kalau masalah pendengaran sih baik. Kalau untuk bicara ya masih gitu," jelas Popon.

Hingga kini, Mat Solar masih bolak balik ke rumah sakit untuk menjalani fisioterapi guna melatih sensor motoriknya. Ia juga rajin mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.

Popon mengungkapkan bahwa ayahnya hanya mengikuti anjuran pengobatan secara medis dan tidak menjalani pengobatan alternatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya