Mantan Idol Korea Ditangkap karena Memalsukan Catatan Medis untuk Menghindari Wajib Militer

Mantan Idol Ditangkap karena Memalsukan Catatan Medis untuk Menghindari Wamil
Sumber :
  • Kbizoom

Korea Selatan, VIVA – Seorang mantan idol berusia 30an yang sampai saat ini belum diketahui namanya telah didakwa karena memalsukan catatan medis untuk menghindari dinas militer aktif. 

Jaksa Jemput Paksa Warga Korea Usai Gelapkan Dana Senilai Rp26 Miliar

Pada 9 September, Kantor Kejaksaan Distrik Changwon mengumumkan bahwa mantan idol tersebut didakwa tanpa penahanan atas tuduhan melanggar Undang-Undang Dinas Militer, pemalsuan dokumen, dan pelanggaran Undang-Undang Jaringan Informasi dan Komunikasi.

Ibu dari mantan idol tersebut yang identitasnya tidak disebutkan, serta seorang perawat yang terlibat dalam pemalsuan juga turut didakwa akibat kerjasama dalam pemalsuan dokumen, dilansir dari Kbizoom pada Selasa, 10 September 2024.

Turis Asal Korea Selatan Ditemukan Tewas di Perairan Gili Trawangan NTB

Menurut jaksa, pada Mei 2021, mantan idol dan ibunya memalsukan catatan medis seorang dokter untuk menurunkan klasifikasi militernya dari Kelas 1 yang berarti layak untuk dinas aktif menjadi Kelas 4 yang hanya untuk dinas cadangan.

Awalnya, polisi yang menyelidiki kasus ini tidak menemukan cukup bukti untuk menuduh ibu dan anak tersebut menipu Administrasi Tenaga Kerja Militer. 

Mahasiswa ITB Didorong Dalami Penelitian Terkait Pengolahan Air

Kasus ini ditutup pada Februari tanpa tuduhan apa pun. Namun, setelah meninjau log komputer, rekaman telepon antara para pelaku, dan bukti lainnya, jaksa memutuskan untuk melanjutkan kasus tersebut.

Pada Maret, jaksa meminta penyelidikan ulang dan pada Mei, mantan idol itu didakwa. Ibunya juga menghadapi dakwaan pemalsuan tambahan. 

Penyelidikan lebih lanjut menunjukkan bahwa mantan idol tersebut tidak menderita penyakit yang disebutkan sebagai alasan untuk pengecualian dari dinas militer, berdasarkan dua putaran evaluasi medis MRI.

Perawat yang memalsukan catatan medis dengan mengakses sistem komputer rumah sakit atas permintaan ibu mantan idol tersebut juga telah didakwa.

Jika terbukti bersalah, mantan idol tersebut, yang saat ini telah menyelesaikan tugasnya sebagai prajurit cadangan Kelas 4, mungkin harus mendaftar ulang untuk dinas aktif. 

Kasus ini telah menarik perhatian di Korea, dengan banyak netizen yang aktif menebak siapa mantan idol tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya