Legenda Hollywood James Earl Jones Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun

Legenda Hollywood James Earl Jones Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun
Sumber :
  • Robert Deutsch/ USA TODAY

Jakarta, VIVA – James Earl Jones, aktor legendaris yang dikenal dengan suaranya yang khas sebagai Darth Vader dalam film Star Wars telah meninggal dunia pada usia 93 tahun. 

Geger, Penemuan Mayat dengan Leher Terjepit Pintu di Kalteng

Jones meninggal di rumahnya pada hari Senin, 9 September 2024 dan dikelilingi oleh keluarga, seperti yang dikatakan agensi, Barry McPherson.

Jones, yang sudah lama menderita diabetes, dikenal sebagai pelopor bagi aktor Afrika-Amerika. Pada tahun 1965, ia menjadi salah satu aktor kulit hitam pertama yang memiliki peran tetap dalam drama “As the World Turns”. 

Tolak Pinjamkan Piring, Pria di Bekasi Meninggal Usai Ribut dengan Temannya

Legenda Hollywood James Earl Jones Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun

Photo :
  • Melinda Sue Gordon/Universal City Studios

Sepanjang hidupnya, Jones menerima berbagai penghargaan bergengsi, termasuk dua Emmy, satu Golden Globe, dua Tony Award, satu Grammy, National Medal of Arts, dan Kennedy Center Honors. Pada tahun 2022, sebuah teater Broadway bahkan berganti nama untuk menghormati prestasinya.

Alasan Puput Novel Sembunyikan Penyakit Kanker yang Diidapnya

Suara bariton Jones yang kuat membuatnya terkenal, tidak hanya sebagai Darth Vader, tetapi juga sebagai Raja Mufasa dalam film Disney “The Lion King” versi 1994 dan 2019. Selain itu, ia juga dikenal dengan pengumuman "This is CNN" yang terkenal.

Lucasfilm, yang memproduksi Star Wars, merasa sangat sedih atas kematian Jones. Presiden Lucasfilm, Kathleen Kennedy, mengatakan, dedikasi Jones dalam film tak akan pernah dilupakan olehnya dan semua tim.

"Suara bariton mengancam yang dibawakannya sebagai Darth Vader akan selalu dicintai oleh para penggemar dan dianggap sebagai salah satu penampilan penjahat terbaik dalam film. Kehadirannya di layar dan kepribadiannya yang hangat di luar layar akan sangat dirindukan,” katanya.

Meskipun perannya sebagai Darth Vader sangat ikonik, Jones mengungkapkan bahwa ia tidak dibayar banyak untuk peran tersebut. Ia bahkan tidak meminta namanya dicantumkan dalam kredit dua film Star Wars pertama.

James Earl Jones lahir pada 17 Januari 1931 di Mississippi. Ayahnya meninggalkan keluarga untuk mengejar karir sebagai petinju dan aktor. 

Saat Jones berusia enam tahun, ibunya membawanya pindah ke Michigan. Ia mengalami kesulitan beradaptasi dan mulai gagap, yang membuatnya bisu selama beberapa tahun hingga seorang guru membantunya memulihkan suaranya.

Jones memulai karier aktingnya setelah gagal dalam ujian medis dan bergabung dengan program American Theater Wing di New York pada tahun 1950-an. 

Peran terobosannya di Broadway adalah dalam drama “The Great White Hope”, di mana ia memerankan karakter yang terinspirasi oleh juara tinju kulit hitam, Jack Johnson. Drama tersebut mengangkat tema rasisme dan mendapatkan pujian atas penampilan Jones.

Jones juga dikenal sebagai tokoh teater yang menonjol, memainkan peran utama dalam karya-karya Shakespeare seperti Hamlet, Macbeth, King Lear, dan Othello. 

Karier filmnya dimulai pada tahun 1964 dengan penampilan dalam film klasik satir Stanley Kubrick, “Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb.” James Earl Jones akan dikenang sebagai salah satu aktor paling berpengaruh dalam dunia hiburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya