Puput Novel Meninggal Dunia, Ini Pesan Terakhirnya

Makam Puput Novel, Foto: Isra Berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

Jakarta, VIVA – Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Puput Novel, aktris dan aktivis pencinta hewan, meninggal dunia pada Minggu, 8 September 2024 pukul 18.24 WIB di usia 50 tahun setelah berjuang melawan kanker payudara selama tiga tahun.

Tolak Pinjamkan Piring, Pria di Bekasi Meninggal Usai Ribut dengan Temannya

Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, dan seluruh pecinta hewan di Indonesia.

Meskipun fisiknya telah tiada, semangat kemanusiaan Puput terus hidup melalui pesan terakhirnya kepada keluarga. Ia meminta sang adik, Baginda, untuk menjaga shelter penampungan hewan yang telah ia bangun dengan penuh kasih sayang.

Berkaca pada Kematian Puput Novel, 8 Makanan Ampuh Cegah Kanker Payudara

Makam Puput Novel, Foto: Isra Berlian

Photo :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

"Mbak Puput sebelum meninggal banyak berpesan lanjutkan apa yang sudah dia kerjakan. Termasuk shelter itu," ungkap Baginda di TPU Sanjaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 9 September 2024.

Legenda Hollywood James Earl Jones Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun

Shelter yang didirikan Puput di rumahnya menjadi tempat perlindungan bagi puluhan kucing dan anjing terlantar. Hewan-hewan tersebut, yang kebanyakan ditemukan dalam kondisi sakit atau terluka, mendapatkan perawatan dan kasih sayang penuh dari Puput.

"Beliau tergerak untuk membuat shelter hewan di rumah. Jadi menolong hewan seperti kucing dan anjing yang memang menderita di jalan," jelas Baginda.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sang kaka tidak pernah membeli hewan tersebut dan jumlah hewan yang ditampung pun cukup banyak, yakni sekitar 20 ekor kucing dan 15 ekor anjing.

Puput Novel

Photo :
  • IG @puputnovel_

"Jadi beliau tidak pernah membeli, jadi kek nemu hewan di jalan yag perlu di tolong dan open juga jika dia ada yang mau menitipkannya," jelasnya.

Puput tidak hanya dikenal sebagai seorang aktris, tetapi juga sebagai sosok yang sangat peduli terhadap sesama, terutama hewan. Ia sering membagikan kegiatannya dalam merawat hewan-hewan terlantar melalui media sosial.

"Dia kakak yang luar biasa, mengayomi keluarga, penyabar, tidak temperamental, penyayang sesama umat manusia. Bahkan bukan manusia juga," kenang Baginda

Keluarga Puput berjanji akan melanjutkan perjuangannya dalam merawat shelter hewan tersebut. Mereka berharap shelter ini dapat terus menjadi tempat perlindungan bagi hewan-hewan yang membutuhkan.

"Kami akan terus menjaga shelter ini sesuai dengan pesan almarhumah," tegas Baginda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya