Sebelum Meninggal, Puput Novel 3 Tahun Berjuang Lawan Kanker Payudara

Makam Puput Novel, Foto: Isra Berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

Jakarta, VIVA – Artis senior yang juga politisi dari PPP Puput Novel meninggal dunia. Puput meninggal dunia pada Minggu 8 September 2024 di Rumah Sakit MMC Kuningan Jakarta Selatan. Berdasarkan keterangan adik dari Puput Novel, Baginda mengungkap sang kakak meninggal dunia akibat kanker payudara. Dijelaskannya selama tiga tahun terakhir ini, Puput telah didiagnosis kanker payudara. 

Berkaca pada Kematian Puput Novel, 8 Makanan Ampuh Cegah Kanker Payudara

“Sakitnya susah tiga tahun dari 2021 sudah terdeteksi kanker payudara,” kata dia saat ditemui awak media di TPU Sanjaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin 9 September 2024.

Lebih lanjut diungkap Baginda di tahun 2021 lalu mendiang kakaknya itu sudah didiagnosis kanker payudara stadium dua. Dia juga sudah menjalani pengobatan kemoterapi namun sayangnya Minggu 8 September 2024 meninggal dunia.

Alasan Puput Novel Sembunyikan Penyakit Kanker yang Diidapnya

“Sudah dilakukan kemo belum sempet diangkat. Di tahun 2021 sendiri masih stage ringan tapi treatmennya terlambat sedikit,” ujarnya.

Puput Novel Meninggal Dunia, Ini Pesan Terakhirnya

Ketika ditanya lebih lanjut alasan mengapa terlambat dia sendiri mengaku mungkin memang hal tersebut sudah jalan takdir.

“Ya memang ya mungkin sudah waktunya. Tindakan medis sudah dilakukan tapi terjadi komplikasi itu yang saya tau,” ujarnya. 

Di sisi lain, Baginda menyebut bahwa kondisi mendiang kakaknya itu sudah mengalami penurunan sejak empat hari yang lalu di ruang ICU. Mendiang sempat tak sadarkan diri selama dua hari menjalani perawatan di ruang ICU. 

“Kondisi beliau sudah tidak sadarkan diri sejak 2 hari yang lalu. Hari terkahir sudah ngedrop sudah menurun terjadi komplikasi di organnya. Pengobatannya mengakibatkan komplikasi terutama yang rusak pertama paru-paru dulu disusul jantung, fungsi liver akhirnya gagal organ,” ujarnya.  

Sementara itu, Baginda juga mengungkap bahwa sebelum menghembuskan nafas terakhir. Mendiang Puput Novel juga memiliki pesan untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukannya, serta tetap menjaga hubungan baik antar keluarga. 

“(Pesan terakhirnya) bilang tolong lanjutkan apa yang udah dia buat dan keluarga kompak selalu,” kata Baginda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya