Di Balik Kegagahannya, Rio Dewanto Ternyata Buta Warna

Rio Dewanto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Aktor tampan Rio Dewanto mengungkapkan fakta mencengangkan tentang dirinya yang tidak banyak diketahui oleh publik. Di balik kebolehannya dalam berakting secara profesional, ternyata Rio Dewanto mengalami buta warna. Ia kesulitan membedakan warna-warna tertentu terutama untuk warna campuran.

Melihat Keseriusan Pengerhaan Musik Pengiring Film 13 Bom di Jakarta

Hal ini dialami oleh sang aktor sejak kecil, yang kemungkinan besar penyebabnya adalah karena masalah genetik dari orang tuanya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Bukan buta warna total hingga tak bisa melihat warna sama sekali, namun Rio Dewanto mengalami buta warna parsial yang membuatnya kesulitan membedakan warna-warna campuran dan terang.

Sehari Tayang, Film 13 Bom di Jakarta Sedot Lebih dari 100 Ribu Penonton

"Gue buta warna sampai sekarang, karena emang dari lahir kan, (buta warna) parsial. Gue kalau warna solid gitu, gue tahu, tapi kalau warna campuran (susah)," ungkap Rio Dewanto, mengutip video TikTok @zkragl, Jumat 6 September 2024.

Rio Dewanto.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi
Tayang Hari Ini, Adu Taktik dan Ledakan Hebat Warnai Film 13 Bom di Jakarta

Rio Dewanto baru menyadari bahwa ia benar-benar mengalami buta warna parsial ketika hendak masuk kuliah. Sebelum mendaftarkan diri ke universitas, ada sejumlah tes yang dijalani oleh sang aktor.

Berhubung Rio Dewanto sangat suka menggambar dan seni, maka saat itu ia hendak menempuh pendidikan kuliah jurusan Desain Grafis.

Salah satu tesnya adalah tes warna, di mana Rio Dewanto disodorkan gambar dengan bentuk-bentuk abstrak penuh warna yang menyembunyikan huruf atau angka.

Pada tes itu lah, Rio Dewanto tidak bisa menyelesaikan sebab ia tidak bisa membedakan warnanya dan tidak berhasil menemukan huruf atau angka yang tersembunyi.

Rio Dewanto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jadi gue waktu itu tesnya gara-gara gue suka gambar, kan gue sempat tes kuliah Desain Grafis di Trisakti. Nah ada gambar perspektif sama yang ke-2 itu tes yang ada dot-dot gitu,” ujar Rio.

“Ngelihat dalamnya ada angka atau ada huruf. Gue nggak bisa ngelihat beberapa banyak halaman yang gue nggak tahu, nggak kelihatan di mata gue," jelas Rio Dewanto.

Setelah itu, Rio Dewanto baru mengadukan kondisinya kepada sang ibu. Ia pun dibawa ke dokter mata untuk memeriksakannya.

Baru lah, Rio Dewanto mengetahui dirinya mengalami buta warna parsial.

Rio Dewanto di Stellar Fest

Photo :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

Aktor kelahiran tahun 1987 itu sebenarnya sudah mengalami gejala kebutaan warna parsial sejak kecil.

Suatu ketika Rio Dewanto pernah salah menyebutkan nama warna topi yang hendak dibelinya. Ia menyebut topi itu warna putih, sementara penjualnya menegaskan topi tersebut merah muda.

"Memang udah banyak gejalanya dari kecil gue merasakan itu. Sampai kayak, sempat mau beli topi. Gue ingat banget mau beli topi di Plaza Senayan, gue nunjuk masnya, mas saya maau yang itu tuh yang warna putih. Ini pink," katanya.

"Warna campuran itu gue banyak yang nggak tahu namanya, bukan nggak tahu, selalu salah ketika gue ditanya ini warna apa, gue salah nyebutnya," tambahnya.

Sebagai informasi, istilah buta warna seringkali dianggap sebagai kondisi di mana seseorang tidak bisa melihat dan membedakan semua warna sama sekali, ini adalah buta warna total.

Sedangkan, ada juga beberapa orang seperti Rio Dewanto yang masih bisa melihat beberapa warna namun kesulitan menyebutkan warna tertentu. Inilah yang disebut sebagai buta warna parsial.

Kondisi ini bersifat keturunan dan tidak dapat disembuhkan.

Selama kondisi itu tudak mengganggu aktivitas sehari-hati, maka tidak memerlukan penanganan khusus karena memang tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan kronis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya