Langkah Podcast Ancur Membuka Pintu untuk Podcaster Baru

Podcast Ancur
Sumber :
  • Ist

Jakarta, VIVA – Para personel Podcast Ancur, yakni Patra Gumala, Randika Jamil, dan Diaz Danar, akhirnya menghidupkan kembali proyek lama yang sempat tertunda. Mereka meluncurkan ajang pencarian bakat podcaster bertajuk Podcast Hunt 2024, yang bertujuan untuk menemukan talenta-talenta baru di dunia podcast.

KADI Selidiki Antidumping Impor Kertas Karton Kemasan Dupleks dari Korsel-Malaysia

Patra Gumala menjelaskan bahwa ide tersebut sebenarnya sudah dibahas sejak dua tahun yang lalu, namun baru sekarang mereka bisa mewujudkannya. Scroll lebih lanjut ya.

"Ide awalnya udah lama yaa, udah dua tahun lalu. Kita sering ditag sama podcast bangak banget, mereka minta didenger," ungkap Patra Gumala di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2024.

Alternativa Film Awards 2024, Dorong Pertumbuhan Sinema Indonesia dan Asia Tenggara

Ia juga menambahkan bahwa permintaan untuk mendengarkan podcast terus berdatangan, yang akhirnya memotivasi mereka untuk merancang Podcast Hunt. 

Banyak Pasal Janggal Rugikan Industri, Asosiasi Petani Protes Rancangan Permenkes Soal Produk Tembakau

"Akhirnya kita mikir apa bikin Podcast Hunt yaa tapi kan ada tur, dan sampai sekarang masih ada tuh ‘dengerin podcast kami bang' gitu sih," tambah Patra.

Diaz Danar turut menekankan bahwa ajang ini dibuat untuk memperbesar ekosistem podcast di Indonesia. Menurutnya, industri podcast masih memiliki banyak peluang untuk berkembang. 

"Podcast tuh masih punya banyak peluang banget untuk terus berkembang, nah kami yang dari Podcast Ancur peduli dengan industri ini jadi kami berusaha untuk membuka peluang untuk podcaster baru," tutur Diaz.

Podcast Hunt 2024

Photo :
  • Ist

Randika Jamil menambahkan bahwa kehadiran pemain baru di dunia podcast sangat penting agar tidak terjadi kebosanan. Mereka ingin mengundang podcaster-podcaster baru yang belum terdengar untuk ikut serta dalam membesarkan ekosistem ini. 

"Kalau pemainnya kita bertiga doang yaa pasti bosan makanya kami undang mereka untuk muncul para podcaster yang ada tapi belum kedengeran, kita sama-sama buat ekosistemnya besar," lanjut Randhika Djamil.

Selain itu, Podcast Ancur tidak ingin industri podcast hanya terpusat di Jakarta saja. Mereka berencana untuk memberikan kesempatan bagi podcaster dari berbagai daerah di luar Jakarta. 

“Target kita gak pengen podcastnya berhenti di Jakartasentris. Kita kan ada tur jalan ke beberapa kota, ditanya mau bawa siapa aja akhirnya yang dibawa podcast dsri Jakarta doang," ungkap Patra.

Industri podcast yang kian berkembang menciptakan kebutuhan akan lebih banyak konten yang beragam, sebagaimana dijelaskan oleh Carl Zuzarte, Head of Podcast Spotify untuk wilayah Asia Tenggara. 

Untuk mendukung ajang ini, mereka juga menggandeng Oki Rengga dan Novita Angie sebagai dewan juri yang akan menilai para peserta. Pendaftaran Podcast Hunt 2024 resmi dibuka mulai Kamis, 5 September 2024 dan pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan manajemen Podcast Ancur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya