Cinta Ramlan Ungkap Pengalaman Spiritual Setelah Mati Suri: Aku Tahu Itu Tuhan

Cinta Ramlan adik Olla Ramlan
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta, VIVA – Adik kandung artis Olla Ramlan, Cinta Ramlan, kembali menjadi sorotan publik setelah membagikan pengalaman spiritualnya yang mendalam saat mengalami mati suri selama tiga jam.

Cakupan Imunisasi HPV di Indonesia Sudah Mencapai 90 Persen

Peristiwa tersebut terjadi pasca menjalani operasi pengangkatan rahim akibat kanker serviks yang dideritanya.

Dalam sebuah podcast bersama Melaney Ricardo, Cinta menceritakan secara detail perjalanan spiritualnya yang luar biasa. Operasi pengangkatan rahim yang seharusnya berlangsung delapan jam itu ternyata diwarnai oleh momen-momen menegangkan. Di tengah operasi, Cinta sempat terbangun dan kemudian dinyatakan meninggal oleh tim medis.

Infeksi Kanker Serviks Ternyata Bisa Sebabkan Kemandulan, Begini Penjelasan dari Dokter

Cinta Ramlan, Olla Ramlan, Melaney Ricardo

Photo :
  • Tangkapan Layar

"Operasinya besar banget 8 jam kalau enggak salah, gue sempat bangun pas operasi (angkat rahim) karena kesedak kalau enggak salah," ungkap Cinta, dikutip dari kanal YouTube, Kamis, 5 September 2024.

Deretan Kasus Tragis Sedot Lemak, Dari Kematian Selebgram hingga Bahaya Klinik Abal-Abal

Cinta mengklaim bahwa rohnya kala itu dapat melihat apa yang terjadi di sekitarnya. Ia menyaksikan kesedihan mendalam yang dirasakan oleh suami dan ibunya usai dinyatakan dirinya meninggal.

"Nah ilang (sadar), aku ngalamin sendiri (rohku) jalan-jalan. Aku ngelihat suami aku nangis, ibu aku donor lagi tanda tangan," ujarnya.

Perjalanan spiritual Cinta berlanjut ketika ia melihat dirinya sendiri dibawa ke ruang ICU dalam kondisi kritis. Wajahnya yang pucat dan biru membuat siapa pun yang melihatnya akan merasa sedih.

"Aku mati suri mungkin lebih tepatnya. Karena pas aku keluar dari ruang operasi itu mereka bawa aku ke ruang ICU. Kata suami aku mukaku udah biru, sampai pake alat pompa, dibawa lari-lari. Jadi dari dokternya bilang istri bapak udah enggak ada, sampai aku bangun itu jaraknya 3 jam," ujar Cinta.

Setelah melewati pengalaman yang sangat menegangkan itu, Cinta kemudian dibawa ke sebuah tempat yang dipenuhi cahaya. Di tempat inilah, ia merasakan kehadiran Tuhan dan diberikan penawaran untuk tinggal di sana.

"Gue jalan-jalan, tiba-tiba pindah ke suatu tempat ketemu cahaya. Cahaya ini penuh kasih sayang. Terus kayak ngasih pengetahuan tapi lewat pikiran, di sini lebih enak daripada di sana, tapi aku bilang 'aku enggak mau di sini, aku mau sama suami aku," ujar Cinta.

Meski begitu, Cinta sadar bahwa jika ia memilih untuk kembali ke dunia, ia harus siap menghadapi rasa sakit yang luar biasa. Namun, demi cintanya pada suami, ia memutuskan untuk kembali ke tubuhnya.

"Aku bilang aku mau balik lagi, tapi (Dia) jawab 'aku (Cinta) bakal kesakitan loh," ucap Cinta.

Tiga jam setelah dinyatakan meninggal, Cinta akhirnya kembali sadar. Namun, rasa sakit yang luar biasa menyerangnya. Ia mengalami nyeri yang luar biasa akibat operasi besar yang telah dijalaninya.

“Lalu bangun ada morfin di tulang punggung aku full dosis, aku teriak sakit. Pokoknya sepanjang malam teriak sakit, enggak kuat, kemudian pingsan. Sakitnya sekitar lima harian, karena operasinya semua isi perut dikeluarkan baru dibalikin,” bebernya.

Kemudian, Melaney selaku pembawa acara menanyakan keyakinan Cinta Ramlan saat mati suri itu terjadi.

“Saat itu yang lu temuin itu Tuhan bukan?” ucap Melaney.

“Aku tahu itu Tuhan,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya