Detik-detik Habib Jafar Ketemu Paus Fransiskus, Netizen Soroti Sikapnya

Habib Jafar
Sumber :
  • IG @husein_hadar

Jakarta, VIVA – Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, melakukan serangkaian kegiatan penting di Jakarta pada hari ini. Sekitar pukul 9 pagi tadi, Paus Fransiskus dan rombongannya tiba di Masjid Istiqlal sebelum nantinya bertolak ke Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengisi acara Misa Akbar.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Pada kesempatan yang sangat istimewa ini, ada banyak tamu undangan yang hadir untuk bertemu langsung dengan Paus Fransiskus. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Bukan hanya orang-orang beragama Katolik, namun juga tokoh-tokoh agama lainnya seperti Habib Ja'far yang merupakan seorang sosok Muslim terkemuka di negara ini.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Habib Husein Ja'far Al Hadar datang ke acara di Masjid Istiqlal mengenakan busana Muslim serba putih.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Ia pun memamerkan detik-detik pertemuan dengan Paus Fransiskus yang baru saja turun dari kendaraan sambil dikawal oleh penjagaan yang ketat.

Menurut Habib Ja'far, waktu sedetik pun sangat berharga di sana sebagai wujud toleransi beragama yang sangat berarti.

"1 detik perjumpaan dengan Paus untuk toleransi selamanya bagi umat beragama," tulis Habib Ja'far di Instagram, dikutip Kamis 5 September 2024.

Bukan tanpa alasan Habib Ja'far bisa duduk di barisan para tamu di Masjid Istiqlal pagi ini. Habib asal Jawa Timur itu sudah mendapatkan undangan sekaligus ID Card yang hanya bisa dimiliki orang tertentu sebagai akses masuk ke venue acara.

Pada undangan yang diterima oleh Habib Ja''far, tertulis judul acara yakni Pertemuan Tokoh Agama (Interreligious Meeting) bersama Paus Fransiskus.

Di Instagram stories, Habib Ja'far menunjukkan bagaimana antusiasme para tamu undangan ketika melihat Paus Fransiskus turun dari kendaraannya.

Meskipun dengan pengawalan yang sangat ketat, namun Paus Fransiskus tetap dengan ramah menyapa semua orang yang datang. Bahkan dalam perjalanan menuju ke tempat duduknya, Paus Fransiskus mau berjabat tangan dengan orang-orang di sana.

Toleransi beragama yang sangat tinggi ini lantan menuai pujian dari para netizen.

Meskipun Habib Ja'far dikenal sebagai orang yang suka berdakwah mengajak umat non-Muslim menjadi mualaf, namun pada kesempatan seperti ini pun Habib Ja'far tetap bisa menghormati yang lain.

"Ketika Paus satu tempat dengan Paus tad," komentar netizen.

"Islam itu indah, Kristen itu kasih karena ajaran agama itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa," kata yang lain.

"Bersama walau tak sama. Menghormati tidak menghakimi. Bhinneka Tunggal Ika," timpal lainnya.

"Salut sama Habib toleansinya tinggi dan mau menghargai umat beragama yang lain," komentar lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya