Habib Jafar Ketemu Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal, Netizen: Islam Itu Indah, Kristen Itu Kasih

Habib Jafar
Sumber :
  • IG @husein_hadar

Jakarta, VIVA – Paus Fransiskus tengah berada di Indonesia. Paus Fransiskus dijadwalkan berada di Tanah Air selama empat hari, mulai 3-6 September 2024, dalam rangka perjalanan apostoliknya di Asia.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Paus Fransiskus pun dijadwalkan melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal pada Kamis pagi, 5 September 2024. Dalam kunjungan ke Masjid Istiqlal ini, pemimpin gereja Katolik dunia itu diagendakan untuk menggelar dialog dengan sejumlah pemuka lintas agama. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Dalam kegiatan ini, Habib Jafar juga terlihat hadir. Mengenakan baju koko berwarna putih, Habib Jafar mengabadikan momen saat Paus Fransiskus tiba di Istiqlal. Dalam video itu, sang habib tak menyia-nyiakan kesempatan untuk merekam Paus Fransiskus saat keluar dari mobil Innova Zenix berwarna putih. 

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Diungkap Habib Jafar, perjumpaan dengan Paus Fransiskus ini diharapkan bisa meningkatkan toleransi antar umat beragama di Indonesia.

"1 Detik Perjumpaan dengan Paus untuk Toleransi Selamanya Bagi Umat Beragama," tulis Habib Jafar, dikutip VIVA.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Selain itu, pada Selasa kemarin, Habib Jafar juga sempat terlihat mengirimkan DM ke akun Instagram Paus Fransiskus. Pesan yang disampaikan Habib Jafar itu adalah ucapan selamat datang pada Paus Fransiskus.

"Welcome to Indonesia, Pope," kata dia.

Habib Jafar juga menyampaikan pesan untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi siapapun. Melalui caption dalam unggahannya, Habib Jafar juga menyoroti sikap Paus Fransiskus yang sangat sederhana. Sebagai pemimpin agama dan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus memilih datang menggunakan pesawat komersil dan memilih menginap di Wisma Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan di Kawasan Jakarta Pusat, ketimbang hotel mewah. Belum lagi sikap Paus Fransiskus yang memilih menggunakan mobil biasa dan duduk persis di samping sopir.

"Jadilah tuan rumah yang baik. Begitu nasihat para nabi dan nenek moyang kita. Dan, Beliau membawa oleh-oleh yang sangat berharga untuk kita, yaitu: KESEDERHANAAN," tulis Habib Jafar. 

Bahkan dalam salah satu wawancara dengan stasiun televisi, Habib Jafar mengaku sangat respect dengan Paus Fransiskus yang sangat sederhana. 

"Kesederhanaan ini yang selama ini saya dengar dari jauh tentang Paus Fransiskus dan membuat saya selalu menyimpan respect," kata dia. 

Sontak saja unggahan Habib Jafar saat menyoroti kedatangan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal mendapat ratusan komentar.

"Ketika Paus satu tempat dengan Paus tad," komentar netizen.

"Bersama walau tak sama. Menghormati tidak menghakimi, Bhineka Tunggal Ika," komentar netizen.

"Islam itu Indah, Kristen itu kasih karna ajaran agama itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa," ujar lainnya.

"Barokah bib, salam perdamaian persaudaraan sebangsa tanah air," ujar lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya