Tinggal di Luar Negeri, 10 Artis Ini Alih Profesi dan Kerja Keras Banting Tulang

Terry Putri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

Jakarta, VIVA – Beberapa selebritas Indonesia telah memutuskan untuk meninggalkan gemerlapnya dunia hiburan Tanah Air dan memilih menetap di luar negeri. Hidup di negara asing, mereka pun harus beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk dalam hal pekerjaan. 

Penunjukan Artis Jadi Ketua Tim Sukses Pilkada Jalan Pintas Raih Popularitas, Menurut Pengamat

Tidak lagi menikmati popularitas sebagai artis, mereka kini menjalani profesi yang berbeda, mulai dari pengantar makanan hingga pengasuh bayi. Berikut ini deretan kisah perjuangan para artis yang beralih profesi di negeri orang. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Terry Putri

Disebut Gak Punya Teman karena Suka Huru-hara, Nikita Mirzani: Gapapa, Jauhin Aja

Terry Putri

Photo :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

Terry Putri menjadi salah satu artis Tanah Air yang memutuskan untuk tinggal di luar negeri mengikuti sang suami, Derly Darmawan. Sehingga sang presenter ini harus bolak-balik Jakarta-Amerika. Meninggalkan dunia hiburan, Terry Putri diketahui beralif profesi menjadi pengantar makanan Amerika untuk mengisi waktunya. 

Nikita Mirzani Sebut Banyak Artis dan Sosialita Pakai Tas Branded Sewaan

2. Cinta Kuya

Cinta Kuya.

Photo :
  • Instagram @cintakuya

Cinta Kuya yang sedang menempuh pendidikan di Pasadena City College, Los Angeles, California, memilih untuk bekerja paruh waktu. Putri dari Uya Kuya ini melakukan berbagai pekerjaan serabutan, mulai dari mencuci piring hingga menjadi pelayan restoran untuk menambah pundi-pundi uang. Cinta bahkan tak malu menjadi pemulung memunguti barang-barang bekas lalu ia jual kembali untuk mendapatkan uang.

3.  Zahwa Massaid

Zahwa Massaid

Photo :
  • IG @zahwamassaid

Selanjutnya ada putri dari Reza Artamevia, Zahwa Massaid yang juga menetap di New York, Amerika Serikat. Saudari Aaliyah Massaid tersebut diketahui sekolah Fashion Institute of Technology dan meniti karier di dunia fashion. Ia memilih untuk tidak menekuni profesi seperti orang tuanya dan menjalani kehidupannya sendiri untuk fokus dalam dunia fashion.

4. Gisela Cindy

Gisela Cindy

Photo :
  • Instagram

Gisela Cindy yang dikenal sebagai mantan artis cilik di Tanah Air sudah tinggal di Kanada sejak tahun 2012 silam. Mulanya ia menempuh pendidikan di Vancouver Film School dan Humber College dan setelah itu diketahui bekerja sebagai manajer di toko sepatu, kemudian beralih menjadi manajer penjualan di sebuah perusahaan furnitur di Toronto. Saat ini, ia tengah menekuni bisnis baru di bidang jasa hiburan pesta, menyediakan photo booth, permainan pesta, dan inflatable castle untuk acara-acara pesta.

5. Bunda Corla

Bunda Corla

Photo :
  • Instagram @corla_2

Ada juga Bunda Corla yang menjadi pegawai di salah satu restoran siap saji di Jerman. Bunda Corla memutuskan untuk menetap di Jerman meski berasal dari Indonesia. Meski demikian, ia masih sering melakukan siaran langsung untuk menghibur publik, terutama para followersnya. 

6. Tengku Firmansyah

Tengku Firmansyah

Photo :
  • IG @tengku_firmansyah

Tengku Firmansyah bersama istrinya, Cindy Fatikasari, pindah ke Kanada bersama dua anak kembar mereka. Pasangan ini memutuskan untuk menetap di Edmonton, Kanada, melalui jalur self-employed, dengan harapan bisa merintis karier baru di sana. Saat ini, Tengku bekerja di sebuah pabrik manufaktur di Edmonton sebagai tukang las. Perusahaan tempatnya bekerja dikenal sebagai spesialis dalam pembuatan komponen kapal dan berbagai layanan permesinan lainnya.

7. Lusy Rahmawati

Lusy Rahmawati

Photo :
  • Beno Junianto/VIVAnews

Selanjutnya ada Lusy Rahmawati, mantan personel AB Three yang diketahui kini menetap di Sydney, Australia. Hal itu dilakukannya setelah menikah. Di sana, ia diketahui bekerja di industri perawatan lansia. Ia bekerja mengunjungi rumah para lansia yang membutuhkan bantuan.

8. Sinta Keong Racun

Sinta ‘Keong Racun’

Photo :
  • Instagram @sisisinta

Sinta yang dikenal sebagai Sinta Keong Racun bersama sahabatnya Jojo diketahui juga menetap tinggal di Prancis bersama suaminya. Ia menjadi Sewing Enthusiast atau menekuni soal jahit menjahit. Dalam akun media sosialnya, Sinta kerap membagikan aktivitas menjahitnya. Mulai dari membuat pola jahitan hingga menjahit bajunya dan bahkan sudah memiliki brand fashionnya sendiri. 

9. Nanda Gita

Nanda Gita yang merupakan mantan pemain FTV juga diketahui kini menetap di Belanda. Ia tinggal bersama suaminya dan aktif menjadi konten kreator. Tak cuma itu, Nanda juga sering menjual hasil masakannya ke para tetangga di Belanda. Meskipun profesi ini jauh dari dunia hiburan, Nanda menikmati pekerjaannya dan merasa mendapat banyak pelajaran berharga dalam mengasuh anak.

10. Fenny Bauty

Shireen Sungkar dan Fenny Bauty.

Photo :
  • Instagram @shireensungkar

Fenny Bauty, ibu dari Zaskia dan Shireen Sungkar, juga kini sudah tinggal di Belanda bersama sang suami. Di usianya yang hampir 58 tahun, Fenny membuka restoran Padang di Brunssum, Limburg, yang diberi nama Waroeng Boendo. Restoran ini ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat dan masih beroperasi hingga kini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya