Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Akibat Dehidrasi Pasca Imunisasi

Isak tangis warnai pemakaman keponakan Ayu Ting Ting
Sumber :
  • Instagram

Jakarta, VIVA – Keluarga Ayu Ting Ting masih dalam suasana berduka setelah meninggalnya Rayaz Zoltan Fachrizal yang merupakan anak dari adik sang biduan. Rayaz Zoltan meninggal dunia pada 31 Agustus 2024 setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Beri Pesan Menyentuh untuk Syifa, Iis Dahlia: Dede Zoltan Sudah di Surga

Akhirnya penyebab kematian bayi yang belum genap berusia 2 bulan itu terungkap. Ayu Ting Ting menjelaskan bahwa keponakannya itu baru saja mendapatkan imunisasi polio pada Jumat 23 Agustus 2024 lalu. Kemudian sepulangnya dari imunisasi, Rayaz Zoltan malah muntah-muntah seolah tubuhnya bereaksi terhadap imunisasi yang didapatkan.

"Jumat pagi imunisasi, sorenya udah muntah-muntah sama buang air terus," kata Ayu Ting Ting, saat ditemui di kawasan Mekar Jaya, Depok, Jawa Barat, Minggu 1 September 2024.

Syifa Nuraini Adik Ayu Ting-ting Buka Suara Ungkap Kesedihan Usai Kehilangan Rayaz Zoltan

Rayaz Zoltan juga buang air beberapa kali hingga membuat orang tuanya khawatir terhadap efek samping dari imunisasi itu. Akhirnya mereka membawa ke dokter untuk diperiksakan lagi, tetapi dokter menyebut itu adalah hal yang wajar sebagai reaksi dari imunisasi yang didapatkan pada Jumat pagi.

"Awalnya muntah-muntah, buang air. Terus biasa ya kita cek ke rumah sakit juga dokter bilang nggak apa-apa karena memang habis imunisasi juga kan, pas banget," kata Ayu Ting Ting.

Baby Zoltan Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia, Keluarga Ungkap Rasa Rindu

Pihak keluarga pun mempercayai penjelasan dokter dan kembali ke rumah dengan harapan kondisi Rayaz Zoltan akan segera membaik. Namun, bayi yang lahir pada Juli 2024 lalu itu justru tidak berhenti muntah dan buang air hingga membuatnya dehidrasi karena terlalu banyak mengeluarkan cairan.

"Awalnya saya pikir sehari cuma muntah sekali, ternyata sampai berkali-kali. Buang air juga sampai berkali-kali," ujar Ayu Ting Ting.

Beberapa hari kondisinya tak kunjung membaik, akhirnya Rayaz Zoltan dilarikan ke rumah sakit terdekat pada Rabu 28 Agustus 2024. Ia kemudian dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Seperti halnya yang sempat diunggah ke Instagram story ibunda Ayu Ting Ting, Umi Kalsum, keluarga nampak sedang menemani Rayaz Zoltan yang terbaring di atas kasur. Saat itu, ada juga dokter yang menangani bayi tersebut.

"Hari Rabu dibawa ke rumah sakit dekat sini, Kamis dirujuk ke RS Bunda yang di Margonda," katanya.

Usai dirawat inap di rumah sakit, nyawa Rayan Zoltan sayangnya tidak tertolong. Keponakan Ayu Ting Ting itu dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu 31 Agustus 2024 akibat dehidasi yang parah. Namun, Ayu Ting Ting belum bisa menjelaskan lebih lanjut apa yang sebenarnya yang membuat sang keponakan sampai mengalami buang air dan muntah yang parah.

Meski begitu, pihak keluarga sudah berusaha ikhlas dengan kepergian Rayaz Zoltan. Setidaknya, bayi itu sudah tidak kesakitan lagi seperti sebelumnya.

"Ini yang terbaik buat si adek, jadi ya kita juga syok lah adek juga syok, udah kayak anak saya kan," kata Ayu Ting Ting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya