Keturunan Darah Rendah dari Ibu, Amel Carla Khawatir Bakal Punya Anak Stunting

Amel Carla
Sumber :
  • VIVA/Trisya

Jakarta, VIVA – Amel Carla merupakan salah satu artis dengan jam terbang yang cukup padat karena ia harus mengimbangi kegiatan syuting dan pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, kondisi kesehatan adalah hal yang paling utama bagi Amel Carla, apalagi ia adalah orang dengan darah rendah yang sekaligus pernah hampir mengalami anemia.

Anak yang Kekurangan Vitamin D3 Berisiko Tinggi Mengalami Stunting

Rupanya, kondisi darah rendah itu adalah keturunan dari ibunya yang juga mengalami kondisi serupa. Memang pada hakikatnya penyakit bawaan dari seorang ibu termasuk kondisi darah rendah dan anemia bisa diturunkan kepada anak-anaknya. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

"Turunan dari orangtua adalah darah rendah. Tapi ternyata darah rendah belum tentu anemia. Aku anaknya lumayan health conscious banget jadi rutin minum vitamin penambah darah," kata Amel Carla, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 29 Agustus 2024.

Cagub Luluk Nur Hamidah Sebut Stunting dan Kemiskinan di Jawa Timur Masih Tinggi

Amel Carla

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Mengetahui bahwa kondisi itu bisa diturunkan, Amel Carla lantas memikirkan bagaimana jika suatu hari ia memiliki seorang anak. Namun daripada mengkhawatirkan anaknya akan mengalami darah rendah, Amel Carla lebih takut jika anaknya kelak mengalami stunting atau kurang gizi karena dirinya.

Anemia Berisiko Sebabkan Kematian Janin, Ibu Hamil Harus Nabung Zat Besi Dengan Cara Ini

Anemia pada ibu hamil disebabkan karena kurangnya asupan gizi, terutama zat besi yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin. Jika selama masa kehamilan ibunya tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi maka anak yang dilahirkan sangat berpeluang mengalami stunting yang mana akan memengaruhi masa depannya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Amel Carla sudah membiasakan konsumsi suplemen penambah darah karena ada gejala anemia dalam dirinya yang tidak ingin menjadi bertambah parah.

"Kalau keturunan, aku takutnya anak stunting karena Indonesia lagi marak cegah stunting, Indonesia Emas 2045. Aku jadi cari stunting itu apa, dari dulu zaman sekolah udah dengar bahwa Indonesia tinggi angka stuntingnya. Ternyata kakak ipar ku waktu hamil, dia juga minum suplemen penambah darah dan bilang kalau ibunya kurang darah, anaknya bisa stunting. Jadi aku cegah aja," jelas Amel Carla.

Selain membiasakan konsumsi suplemen penambah darah, Amel Carla juga mengimbanginya dengan makan secara teratur dan bergizi, menjaga pola hidup sehat, dan rajin berolahraga. Tetapi menurutnya, semua hal itu sangat berkesinambungan untuk kesehatan tubuh sehingga penting untuk dilakukan dalam jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya