Perjalanan Ahmad Dhani di Dunia Politik, Musisi Legendaris yang Akhirnya Lolos di DPR RI

Ahmad Dhani.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

Jakarta, VIVA – Musisi legendaris Ahmad Dhani berhasil lolos menduduki kursi DPR RI periode 2024-2029 dari fraksi Partai Gerindra.

DPR Soroti Perumusan Regulasi Industri Hasil Tembakau

Pentolan grup musik Dewa 19 ini berhasil meraup suara sebanyak 134.227 menang di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I.

Sukses berkarya di bidang musik, Ahmad Dhani akhirnya menggeluti bidang Politik, pada saat itu namanya mulai muncul di setiap pemilihan Pilkada.

DPR RI Kritik Keras KPU Sewa Jet Pribadi dan Apartemen: Anggaran Pemilu Buat Gaya Hidup Mewah

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur 26 Mei 1972 itu menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto- Hatta Rajasa pada Pilpres 2014.

Ahmad Dhani

Photo :
  • YouTube
Jawab Kabar soal Kabinet Prabowo Mencapai 40 Menteri, Begini Respons Elite Gerindra

Ahmad Dhani resmi menjadi kader Partai Gerindra pada 2017 ditandai dengan menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) di Sentul International Convention Center, Bogor.

Awal mulanya ia mendaftarkan sebagai calon Wakil Bupati Bekasi mendampingi Calon Bupati Sa’dudin untuk Pilkada Bekasi 2017-2022, namun gagal.

Pada saat itu, Ahmad Dhani yang dicalonkan oleh Partai PKS, Gerindra dan Demokrat.

Akan tetapi sosok Ahmad Dhani dalam kancah politik kemudian menimbulkan kontroversi, ia terjerat UU ITE atas ucapannya yang mengandung penghinaan dan pencemaaran nama baik dalam aksi #2019GantiPresiden.

Dia mengucapkan kata "idiot" di video blognya yang diunggah di laman Instagram, usai dihadang anggota Koalisi Elemen Bela NKRI.

Akhirnya pada 28 Januari 2019, Dhani divonis 1,5 tahun penjara, ia ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, namun ia mendapat remisi dan bebas pada 30 Desember 2019 .

Sebelumnya, Dhani juga pernah menghadapi kasus hukum serupa. Pada tahun 2017, dia dilaporkan Sekretaris Jenderal Cyber Indonesia Jack Boyd Lapian ke Polda Metro Jaya pada 2017 karena beberapa cuitannya di Twitter dianggap menyebarkan kebencian kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahmad Dhani kemudian diri sebagai calon anggota legislatif untuk dapil Jatim I yang melingkupi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoardjo dalam Pemilihan Umum 2019 melalui partai Gerindra.

Namun dia gagal melenggang ke Senayan dengan perolehan 40.148 suara. Selain Dhani, sejumlah selebritas juga menghadapi kenyataan serupa seperti Andre Hehanussa, Manohara Odelia dan Sundari Soekotjo.

Hingga akhirnya ia berhasil lolos menduduki kursi DPR RI periode 2024-2029 Ahmad Dhani berhasil meraup suara sebanyak 134.227 menang di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya