Potret Sederet Artis dan Komika Demo dan Orasi di DPR Kawal Putusan MK

Komika dan Artis yang Ikut Demo di DPR, Kawal Putusan MK
Sumber :
  • X

Jakarta, VIVA – Unggahan lambang burung Garuda berlatar biru dengan tulisan 'Peringatan Darurat' menjadi trending di media sosial pada Rabu malam 21 Agustus 2024. Seluruh lapisan masyarakat beramai-ramai mengunggah ulang (reposted), termasuk sederet artis yang menaruh perhatian terhadap politik di Indonesia.

BKN Gantikan KASN Pelototi Pelanggaran ASN di Pilkada 2024

Template Instagram Story berisi rangkuman polemik pembatalan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Undang-Undang Pilkada. Hal ini dinilai menjadi bentuk penjegalan paslon lain yang ingin ikut berkontestasi dalam Pilkada 2024 sejalan dengan pelanggaran terhadap konstitusi.  

Kondisi itu sangat menentukan demokrasi Indonesia yang dinilai akan diporak-porandakan oleh kepentingan para elite politik dan penguasa. Viralnya kasus perselingkuhan Azizah Salsha dan Salim Nauderer tak dipungkiri sempat memalingkan perhatian khalayak.

Bawaslu Segera Temui Kemendagri Bahas Soal Netralitas Kepala Desa di Pilkada 2024

Meski demikian, public figure yang vokal terhadap isu-isu politik kembali mengajak masyarakat untuk mengawal Undang-Undang Pilkada.

Catat! Suswono Janji Naikkan Gaji Guru PAUD Setara UMR Jika Menang Pilkada Jakarta

Selebgram Karin Novilda turut membuat unggahan Instagram story berlatar hitam dengan tulisan #NetizenTidakTolol dengan harapan warganet kembali fokus mengawal demokrasi yang jauh lebih penting ketimbang permasalah rumah tangga orang lain. 

Hari ini, sederet artis ikut demo di depan gedung DPR untuk menyuarakan keputusan dewan terhormat yang dianggap keliru. Mayoritas berasal dari kalangan stand up comedy yang memang lantang mengkritisi kebijakan pemerintah yang dibawakan dengan gaya humor. 

"Rata-rata stand up comedy karena mereka yg rajin menyuarakan lewat jokes2nya," tulis netizen. 

Panas terik Jakarta tak mengurangi semangat artis dan komika untuk menyuarakan aspirasi. Dari video yang beredar di Instagram maupun X, terlihat sosok-sosok yang familiar. Mereka kompak mengenakan busana serba hitam.

Arie Kriting, Bintang Emon, Abdur Arsyad, Mamat Alkatiri, Andovi da Lopez, hingga Reza Rahadian. Para pria ini memang terkenal dengan jokes-jokes sarkas mengenai isu politik dan pemerintahan, baik dalam materi stand up, konten maupun podcast.

Komika dan artis juga naik ke atas sebuah truk untuk berorasi menyemangati para peserta demo yang hadir secara langsung dan seluruh rakyat Indonesia supaya tetap mengawal konstitusi di jalan yang benar.

"Dengan segala ego yang ada dalam diri kita, kita bersatu karena mereka takut kita bersatu," ujar Mamat Alkatiri dengan lantang. 

"Kalau belum umur 30, jangan nyalon dulu ya dek ya," imbuh Bintang Emon. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya