VIDEO: Gak Bisa Lagi Diam di Rumah, Reza Rahadian Orasi Keras di Depan Gedung DPR

Reza Rahadian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA –  Aktor ternama tanah air, Reza Rahadian, terlihat turut hadir dalam sebuah aksi unjuk rasa di Senayan, Jakarta. Kehadirannya mengundang perhatian banyak pihak, mengingat Reza selama ini dikenal sebagai sosok yang jarang terlibat dalam kegiatan politik. 

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Namun, kali ini, Reza mengaku bahwa diamerasa harus turun tangan, menyuarakan kegelisahannya tentang demokrasi Indonesia. Tak hanya ikut dalam barisan, Reza juga memberikan orasi dan menyapa para peserta aksi hari ini.

"Teman-teman semua, selamat siang. Semoga masih tetap semangat! Saya hadir pada hari ini karena sesederhana saya selalu cenderung berhati-hati dalam mengambil sebuah sikap, saya tidak pernah mau ikut dalam kontestasi politik, saya tidak ikut campur dalam pemilihan dan lain-lain atau jadi kubunya siapa, kubunya siapa, adalah hal yang paling saya hindari. Tapi hari ini, saya sudah tidak lagi bisa berhenti diam, saya tidak bisa tidur tenang di rumah," ujarnya seperti dikutip dari postingan video yang beredar di X, Kamis, 22 Agustus 2024.

Menlu Retno Titip Pesan ke DPR Jelang Akhir Masa Jabatan: Jangan Tinggalkan Bangsa Palestina

Reza Rahadian

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon
DPR Usul Pemerintah Tiru AS Atasi Kasus Kekerasan pada Anak dengan Layanan CPS

Aksi yang berlangsung hari ini merupakan bentuk protes terhadap aturan Pilkada yang hendak disahkan oleh DPR. Reza, yang biasanya menyalurkan keresahannya melalui seni, kali ini memilih untuk berbicara langsung di jalanan bersama rakyat.

"Saya selama ini selalu menjadikan dunia seni sebagai wilayah untuk saya menyampaikan keresahan hati dan kritik sosial. Tapi hari ini, saya sudah tidak lagi bisa berhenti diam, saya tidak bisa tidur tenang di rumah," ujarnya. 

Bagi dia, apa yang terjadi saat ini telah melampaui batas dan mengancam prinsip-prinsip demokrasi yang seharusnya dijaga oleh para wakil rakyat. Reza juga menyoroti upaya-upaya yang dianggapnya sebagai penghalangan terhadap kehendak rakyat. 

"Hari ini kita sudah mendapatkan keputusan yang sangat kita hormati dari MK, tetapi masih saja berusaha dijegal," ungkap aktor pemeran film Habibie Ainun ini.

Dalam aksinya, Reza juga menegaskan bahwa kehadirannya bukan untuk mewakili kepentingan politik tertentu. "Saya tidak mewakili kepentingan apapun, saya tidak punya kepentingan personal, saya hadir hari ini sebagai rakyat biasa bersama teman-teman semua," ujarnya.

"Saya tidak mewakili siapapun selain suara orang-orang yang gelisah melihat demokrasi kita seperti ini. Ini bukan negara milik keluarga tertentu," tekan Reza.

Dia juga berpesan kepada para peserta aksi hari ini agar tetap berlangsung kondusif. "Jaga diri baik-baik, tetap tertib kondusif bisa menjaga situasi hari ini dengan cara-cara tertib," pesannya.

Sontak, aksi Reza Rahadian ini mendapatkan perhatian dari netizen. Banyak yang memuji aksi sang aktor karena masih tetap kritis di tengah banyaknya selebriti yang justru memilih dekat dengan penguasa dan kurang kritis terhadap situasi saat ini.

"Kalau Reza Rahadian sampe turun ke gedung DPR, berarti ada yang gak bener di negara ini," kata netizen di X. "Tak menyangka mengalami masa di mana Reza Rahadian orasi (ril) (bukan akting,)," tulis yang lain. "Lo tau negara beneran lagi gak baik-baik aja ketika seorang Reza Rahadian bahkan turun ke jalan. Darah BJ Habibie benar-benar merasuki diri beliau," cuit netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya