Umi Pipik Gak Keberatan Punya Menantu Tak Berhijab, Teringat Saat Menikah dengan Uje

Umi Pipik
Sumber :
  • Dokumentasi Wwiek Muslimah

Jakarta, VIVA – Keluarga Almarhum Ustadz Jefri Al Buchori  dipandang sebagai orang-orang baik yang mengerti soal urusan agama. Apalagi, kini sang istri Umi Pipik juga berpenampilan dengan cadar yang menutup auratnya dengan sempurna dan menjadi seorang pembicara dalam acara-acara pengajian. 

Pernyataan Mengejutkan Umi Pipik: Wajibkan Menantu Berhijab, Netizen Ramai Berkomentar

Meskipun keluarganya terpandang punya keyakinan yang kuat, rupanya Umi Pipik tidak membatasi sang putra Abidzar Al Ghifari untuk mendapatkan pasangan yang kemampuan agamanya setara. Umi Pipik bahkan tidak keberatan apabila calon menantunya itu tidak berhijab ketika mengawali rumah tangga dengan sang anak. Scroll lebih lanjut.

Alasannya, karena semua orang butuh proses untuk mempelajari aturan dalam agama termasuk soal menutup aurat. Umi Pipik pun berkaca pada dirinya sendiri yang dulunya tidak berhijab ketika menikah dengan Almarhum Uje.

Penampilan Baru Marshanda Bikin Pangling Netizen, Makin Anggun dengan Balutan Hijab

"Abidzar pernah nanya ke saya, apakah harus berjilbab? Akhirnya saya begini, semuanya proses. Dulu umi juga sewaktu menikah sama abi kamu belum pakai jilbab," kata Umi Pipik, mengutip video Instagram @rumpi_gosip, Minggu 18 Agustus 2024. 

Anti Muslim di Jerman Meningkat, Paling Banyak Dialami Perempuan Berhijab

Umi Pipik percaya pada proses seseorang untuk menjadi lebih baik lagi termasuk calon menantunya kelak yang mungkin belum memahami aturan agama Islam secara keseluruhan. Ia justru mengingatkan Abidzar agar belajar menjadi imam yang baik bagi istrinya di masa depan agar bisa membimbingnya menjadi lebih baik lagi. 

Umi Pipik tidak menyalahkan jika calon menantunya kelak belum memakai hijab, namun ia menegaskan pada Abidzar bahwa itu adalah tanggung jawabnya untuk bisa membimbing pasangan ke jalan yang baik.

Adiba Khanza, Abidzar dan Umi Pipik.

Photo :
  • Instagram

"Semuanya proses, cuma ya prosesnya jangan lama-lama. Kenapa? Karena di saat kamu sudah menjadi suami istilahnya kamu membeli istri kamu dan dzahir bathin istri kamu, kamu tanggung jawab," jelas Umi Pipik. 

Meski begitu, Umi Pipik berharap siapapun pasangan Abidzar kelak tidak akan menyusahkan karena perkara tidak menutup aurat. Bagaimana tidak, dalam keyakinan agama Islam sendiri menyatakan bahwa aurat seorang perempuan bisa membawa 4 orang laki-laki ke dalam neraka akibat dosanya.

"Seorang perempuan apalagi istri jika dia terlihat saja auratnya maka dia mampu membawa 4 laki-laki ke dalam neraka. Satu suaminya, dua ayahnya, tiga pamannya, empat anak laki-lakinya, diborong semua. Maka umi nggak mau kamu berat di akhiratnya," kata Umi Pipik.

"Jadi kamu harus bisa meyakinkan, bisa menasihati istri. Proses nggak apa-apa, tapi pelan-pelan, tapi jangan lama-lama prosesnya gitu," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya