Ayu Ting Ting Singgung Dana Darurat, Apa Manfaatnya bagi Kondisi Keuangan?

Ayu Ting Ting
Sumber :
  • IG @ayutingting92

Jakarta, VIVA – Ayu Ting Ting kembali jadi sorotan netizen setelah curhat di Instagram perihal dana darurat yang ia kumpulkan susah payah untuk menghadapi kondisi tak terduga justru dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Lunasi Cicilan iPhone Pegawai Random, Seleb TikTok Iben Ma Dicap Netizen Salah Sasaran Berbagi

"Capek-capek nabung buat dana darurat, eh tiap hari darurat," ucap Ayu Ting Ting, dikutip dari berita VIVA (13/8/2024).

Unggahan Ayu Ting Ting memicu berbagai respons dari netizen sehingga seolah menjadi ajang adu nasib. Bagaimana tidak, menurut salah satu netizen cincin dan jam tangan yang dipakai Ayu Ting Ting sudah bisa membiayai hidup selama satu tahun. 

Momen Fajar Sadboy Nangis Tersedu-sedu di Makam Rasulullah, Gimmick atau Terharu Beneran?

"Harga cincin sama jam tangannya aja udah bisa ngebiayain hidup aku 1 tahun," tulis netizen. 

Ilustrasi investasi.

Photo :
  • Dok. Istimewa
Selain Prilly Latuconsina, Beyonce Akui Manfaat Luar Biasa Diet Clean Eating

Para konsultan keuangan banyak menyarankan setiap orang maupun keluarga mempunyai dana darurat, yakni tabungan yang sengaja dipersiapkan untuk mengantisipasi situasi tak terduga tanpa harus mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi. 

Dikutip American Commerce Bank, membangun dana darurat pribadi sangat penting untuk mengamankan masa depan finansial. Lantas, apa manfaat memiliki dana darurat? Simak ulasan berikut.

1. Menjaga Stabilitas Keuangan

Dana darurat membantu menjaga stabilitas keuangan secara keseluruhan. Dana ini berfungsi sebagai penyangga keuangan guna memastikan tidak ada efek domino, satu kejadian tak terduga tidak menyebabkan masalah keuangan lain. Sehingga Anda tetap bisa mewujudkan rencana keuangan jangka panjang untuk mencapai financial freedom maupun hidup sejahtera. 

2. Memberikan Ketenangan Pikiran

Ilustrasi seseorang yang tenang

Photo :
  • Freepik

Dana darurat memberikan ketenangan pikiran karena terhindar dari stres akibat ketidakpastian finansial. Pengeluaran tak terduga dapat menimbulkan kecemasan. Sementara, jika mempunyai dana darurat Anda lebih percaya percaya diri karena mempunyai jaring 'pengaman'. Sehingga lebih tenang dan fokus melewati masa-masa sulit.

3. Menghindari Utang

Tanpa dana darurat, Anda mungkin harus mengambil pinjaman dengan suku bunga tinggi untuk menutupi biaya tak terduga. Hal ini dapat menyebabkan tekanan keuangan jangka panjang. Padahal uang untuk membayar buka dapat dialokasikan untuk menabung atau meningkatkan nilai investasi. 

4. Mencegah Pengeluaran Impulsif

Bila Anda memiliki dana darurat, kecil kemungkinan Anda menghabiskan pendapatan bulanan secara impulsif untuk hal-hal yang tidak penting. Seseorang yang memiliki dana darurat biasanya sudah mempunyai perhitungan untuk semua 'pos' keuangannya. Artinya, dana darurat berperan sebagai penghalang finansial yang jadi pengingat Anda agar bijaksana mengeluarkan uang.

5. Membuka Peluang

Dana darurat bisa menjadi digunakan modal awal untuk memulai usaha baru, mengikuti pelatihan, atau mengambil peluang investasi yang menarik. Selain sebagai pengaman keuangan, bisa juga dimanfaatkan menjadi penghasilan tambahan sehingga kondisi ekonomi Anda makin sehat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya