Chelsea JKT48 Klarifikasi dan Minta Maaf Setelah Ketahuan Jiplak Karya Tiktokers

Chelsea JKT48
Sumber :
  • IG @jkt48.chelsea.d

Jakarta, VIVA – Chelsea Davina Norman, atau yang lebih dikenal sebagai Chelsea JKT48, menjadi sorotan setelah dituding menjiplak karya orang lain. Isu ini mencuat setelah akun X milik @capekbgtakutu memviralkan tuduhan tersebut. Dalam unggahannya, akun tersebut menyertakan video Chelsea yang sedang bermain gitar dengan menggunakan sound milik seorang konten kreator.

Menyesal Tidak Tinggalkan Chelsea dari Usia Belasan Tahun

"Guys, tolong bantu viralkan ya. Chelsea JKT48 mencuri sound gitar milik teman saya dan mengklaim bahwa dia menguliknya sendiri," demikian pernyataan dari akun tersebut, yang diunggah pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Scroll lebih lanjut ya.

Dalam video tersebut, Chelsea tampak memainkan gitar dengan lagu "Rapsodi," namun suara gitar yang terdengar dinyatakan oleh akun tersebut sebagai milik temannya, bukan hasil karya Chelsea sendiri.

Video Viral Keluhan Konsumen Pikap Esemka, Suku Cadang Sulit Ditemukan

"Teman saya tiba-tiba melihat video Chelsea bermain gitar 'Rapsodi', tapi suaranya persis seperti suara gitar teman saya," tambah akun tersebut, yang semakin memanaskan situasi di media sosial.

5 Kritik Ferry Irwandi ke Willie Salim: dari Konten Giveaway hingga Kebohongan soal Pendapatan Rp1 M

Setelah kontennya menjadi viral dan menuai berbagai reaksi negatif, Chelsea JKT48 akhirnya merilis klarifikasi sekaligus permintaan maaf melalui unggahan di Instagram Stories miliknya.

"Selamat sore semuanya, saya ingin meminta maaf terkait keributan yang terjadi akibat video TikTok saya," ujar Chelsea, yang merupakan member generasi ke-11 dari JKT48.

Chelsea JKT48

Photo :
  • IG @jkt48.chelsea.d

Ia juga menjelaskan bahwa selama ini ia seringkali terinspirasi dari berbagai konten di TikTok dan YouTube, dan menjadikan mereka sebagai referensi dalam berkarya.

Chelsea mengakui bahwa ia menggunakan sound gitar orang lain dalam videonya karena suara petikan gitarnya sendiri terlalu kecil.

"Saya meminta maaf karena telah menggunakan video-video tersebut tanpa izin, dan karena suara gitar saya terlalu kecil, jadi menimbulkan kesalahpahaman seolah-olah saya yang memainkan sound itu," jelas Chelsea lebih lanjut.

TikTok

Photo :
  • Istimewa

Ia pun menambahkan bahwa maksud dari "mengulik sendiri" adalah bahwa ia mengambil sound tersebut dari TikTok dan menggunakannya dalam kontennya.

Chelsea juga berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

"Ke depannya, saya tidak akan mengulangi hal serupa lagi, dan saya akan lebih berlatih agar bisa membuat konten yang lebih baik," tuturnya dengan tegas.

Di akhir klarifikasinya, Chelsea menyampaikan rasa terima kasih atas masukan yang diterimanya dan sekali lagi meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Terima kasih atas masukannya, ya. Sekali lagi mohon maaf," tutup Chelsea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya