Moldy Radja Dituding Curi Audio Cover Milik Gitaris Asal Austria

Moldy Radja
Sumber :
  • IG @moldy_radja

Jakarta, VIVA – Gitaris asal Austria, Simon Eichinger mendadak jadi sorotan pengguna media sosial. Dirinya ramai jadi sorotan menyusul video protes kerasnya terhadap gitaris band Radja, Moldy. Moldy disebut-sebut mencuri audio cover melodi gitar Another Day, Dream Theater yang dimainkan Simon.

Gitaris Padi Reborn, Ari Tri Susanto Rilis Album Solo di Ultah ke-50

“Ada orang Indonesia memainkan Another Day dari Dream Theater, dan ada sesuatu yang janggal sejak awal,” kata dia seperti dikutip dari video yang diunggahnya di akun YouTube miliknya yang diunggah pekan lalu. Scroll lebih lanjut.

Bukan tanpa sebab, Simon juga memberikan bukti terhadap klaimnya. Dia terlihat membandingkan video Moldy dan dirinya saat memainkan melodi gitar lagu tersebut. Hasil dari perbandingan video itu memang terdengar mirip.

Kasus Keranda Dicuri Komplotan Maling, Polisi: Milik Ambulans

“Saya rasa saya tidak butuh untuk menjelaskan mengapa ini disebut fake playing. Vibratonya dan banyak hal tidak sesuai dengan audio,” kata dia lebih lanjut.

AI bisa Bedakan Suara Manusia Asli dan Rekayasa Deepfake

Simon mengaku sempat melayangkan protes di unggahan video Moldy tersebut. Namun sejumlah orang membela tindakan Moldy. Simon sebelumnya juga tak mengetahui siapa sosok Moldy hingga akhirnya dia tau bahwa saudara dari Ian Kasela ini adalah salah satu gitaris kenamaan tanah air. 

“Dia sungguh mencuri audio saya. Beberapa orang mencoba membela dia lewat komentar, saya mencari tahu lagi, dan ternyata dia gitaris terkenal dari band rock Radja,” ujar dia.

Band Radja.

Photo :
  • Instagram @radjabandofficial

Mengetahui sosok Moldy adalah sosok yang cukup terkenal, Simon mengaku langsung membuat video ini. Hal ini bukan tanpa sebab, dia ingin Moldy sadar bahwa tindakannya itu salah.

“Ketika melihat itu, saya memutuskan untuk membuat video ini, karena saya ingin adanya kesadaran, karena ini bukan hanya seorang influencer atau orang yang tidak dikenal. Bahkan ketika dia terkenal sebagai musisi sukses, dia melakukan fake playing dan mencuri,” ujar dia.

Simon juga tak segan memberikan kritik dan nyinyiran terhadap gitaris band Radja tersebut. Melalui unggahan videonya dia mengajak semua pihak untuk tidak memiliki sikap seperti pencuri. 

“Pelajaran moralnya, jangan seperti dia, jangan menjadi menyedihkan seperti dia,” kata Simon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya