Maia Estianty Beri Nasihat Bijak untuk Anak dan Calon Menantu

El Rumi nonton konser Coldplay bareng Dul, Tissa Biani dan Maia Estianty
Sumber :
  • Instagram

Jakarta, VIVA – Maia Estianty, musisi dan ibu dari tiga anak yang dikenal luas di Indonesia, baru-baru ini mengungkapkan pandangannya tentang pernikahan anak-anaknya dan bagaimana ia mengikuti tradisi kepercayaan Jawa dalam hal tersebut.

6 Bulan Menikah Masih Perawan, Ternyata Suami Penyuka Sesama Jenis

Maia, yang merupakan cucu dari pahlawan HOS Tjokroaminoto, menjelaskan bahwa dia melarang ketiga anaknya untuk menikah pada tahun yang sama, sebuah kepercayaan yang telah dia warisi dari leluhurnya.

Dalam sebuah podcast di kanal YouTube Need A Talk baru-baru ini, Maia mengungkapkan bahwa kepercayaan Jawa melarang pernikahan adik kakak pada tahun yang sama karena dianggap bisa menimbulkan masalah dalam hubungan.

Stefan William Unggah Surat Pernikahan, Buktikan Hubungannya Sah dengan Ria Andrews

Maia Estianty dan Anak-Anaknya

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Maia mengaitkan larangan tersebut dengan pengalamannya sendiri, di mana dia dan kakaknya menikah pada tahun yang sama dan akhirnya harus bercerai.

Pramono Anung Tetap Ingin Dipanggil 'Mas Pram', Tak Mau Disebut 'Bang Pram'

"Orang Jawa sih bilangnya gak boleh (adik kakak menikah di tahun yang sama). Ya katanya mitosnya bisa kurang baik hubungannya gitu. Itu kejadian sama aku ya," ujarnya.

Maia juga mengakui bahwa hingga saat ini, belum ada anaknya yang menentukan tanggal pernikahan mereka. Meski demikian, Maia memberi pandangan terbuka mengenai kesiapan anak-anaknya untuk menikah. Dia mengungkapkan bahwa dia setuju jika kedua anaknya yang lebih tua, Al Ghazali dan El Rumi, ingin segera menikah.

"Al Ghazali atau El Rumi sebenarnya di umurnya sudah siap untuk boleh menikah lah gitu. Pas. Aku yakin bahwa perjodohan itu tangannya Allah, campur tangan dan izin Allah," kata Maia.

Sementara itu, Maia belum mengizinkan anak bungsunya, Dul Jaelani, untuk menikah karena usianya yang belum genap 24 tahun. Meski begitu, Maia menekankan pentingnya tidak terlalu lama berpacaran dan tidak menggantungkan masa depan orang lain.

Maia Estianty juga menegaskan bahwa dia tidak akan terlalu menuntut calon pasangan anaknya untuk dekat dengannya. Ia menjelaskan bahwa ia akan menghargai calon menantunya dan memberikan apresiasi terhadap mereka.

"Kalau harus dekat sih enggak juga ya. Aku bukan mertua yang rese lah. Pokoknya, calon-calon menantuku, kalian jangan khawatir dengan Maia Estianty karena aku sangat menghargai kalian. Aku sudah sangat apresiasi bahwa kalian sayang sama anak-anakku," ujar Maia.

Sebagai seorang ibu dan mertua, Maia merasa memiliki kewajiban untuk menyayangi menantunya seperti anak sendiri. Dia menegaskan bahwa setelah anak-anaknya menikah, dia tidak akan ikut campur dalam urusan rumah tangga mereka.

"Sama anak-anakku juga aku enggak pernah mewajibkan kamu harus ketemu bunda setiap minggu sekali ya, enggak, karena aku tahu kan anak-anak sibuk ya. Jadi aku tidak mewajibkan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya