Sempat Diterpa Isu Perceraian, Andre Taulany Mengaku Sulit Ketika Diminta Saran Jaga Keharmonisan

Andre Taulany
Sumber :
  • IG @andreastaulany

Jakarta, VIVA – Rumah tangga Andre Taulany dan istrinya Rien Wartia Trigana atau dikenal dengan Erin Taulani tengah berada di ujung tanduk. Secara diam-diam Andre Taulany telah mengajukan gugatan cerai talak ke Pengadilan Agama Tigaraksa pada 4 April 2024.

Dampak Perceraian Orang Tua pada Al Ghazali: 5 Tahun Hidup dalam Kesakitan

Keduanya juga sudah menjalani delapan kali persidangan. Dengan sidang kedelapan yang digelar pada 1 Agustus lalu dengan agenda pembuktian. Scroll lebih lanjut.

Tentu saja kabar gugatan cerai talak Andre Taulany terhadap sang istri yang telah dinikahinya selama 18 tahun lamanya membuat publik terkejut. Publik juga kembali menyoroti sejumlah pembicaraannya dalam berbagai kesempatan terkait rumah tangganya.

Digugat Cerai Andre Taulany, Rien Wartia Singgung Soal Sakit Hati dan Karma

Andre Taulany dan Rein Wartia Trigina

Photo :
  • IG @erintaulany

Termasuk saat dirinya menjadi bintang tamu dalam channel YouTube Maia Estianty dua tahun silam. Salah satu pembahasan yang menarik di antara keduanya adalah ketika Maia Estianty sempat meminta masukan kepada Andre bagaimana menjaga keharmonisan rumah tangga. Mengingat di tengah isu perpisahan kala itu menyeruak, Andre dan Erin masih tetap hidup harmonis.

Andre Taulany Beri Nasihat Soal Pernikahan ke Prilly Latuconsina, Netizen: Sindir Diri Sendiri?

Andre yang mendapati pertanyaan itu mengaku sulit untuk menjawabnya. Sebab, menurutnya tidak ada cara khusus menjaga keharmonisan rumah tangga yang bisa dibagikannya kepada Maia.

"Itu susah Mai kalau ditanya begitu. Semua orang punya caranya masing-masing. Karena gue ga punya teori harus begini, begini, ternyata banyak yang kandas," kata dia dikutip dari tayangan YouTube Maia Al El Dul TV. 

Andre Taulany

Photo :
  • IG @andreastaulany

Andre mengaku satu kunci penting dalam membina rumah tangga agar tetap harmonis adalah saling memiliki kepercayaan satu sama lain. Dia menyebut mungkin perkataannya kala itu terdengar simpel namun baginya itu adalah kunci sukses dirinya tetap bisa menjaga keharmonisan rumah tangga dengan Erin selama 16 tahun lamanya.

"Kalau gue yang penting lo percaya sama gue, gue percaya sama lo. Terus kita udah punya anak-anak, kita punya keluarga besar, kita punya Allah, patokan kita itu aja. Kalau macem-macem inget 'oh iya inget ini', jadi gitu aja. Simple sih orang liatnya kayaknya simple tapi  memang begitu aja," jelas dia. 

Andre juga menjelaskan ketika seseorang melihat pasangan suami istri yang bisa langgeng hingga keduanya memasuki usia senja belum tentu bisa dijadikan patokan rumah tangga mereka sempurna. Dia meyakini bahwa rumah tangga tersebut bisa bertahan lamanya lantaran adanya penerimaan satu sama lain terhadap sikap dan watak atau karakter pasangan.

Andre Taulany dan Rein Wartia Trigina

Photo :
  • IG @erintaulany

"Kita bisa liat pasangan awet sampai tua belum tentu itu perfect juga. Bisa juga terjadi karena mereka sudah saling menerima 'ah gue mau ngapain lagi si' enggak ada teori bilang pasangan langgeng harus begini, enggak. Sampai tua tetap belajar dua-duanya, sampai kakek nenek tetap belajar dua-duanya," kata dia. 

Dia juga meyakini sejumlah rumah tangga pesohor Tanah Air seperti Muksin Alatas dan istrinya Titi Sandora bisa bertahan hingga saat ini juga pasti tidak semulus yang dibayangkan. Kerikil kecil seperti pertengkaran juga pasti dialami keduanya. Mereka juga saling menerima kekurangan satu sama lain hingga membuat pernikahan keduanya langgeng hingga saat ini.

"Gue yakin mereka ada di titik ribut besar, kemudian diem-diem, tapi mereka tetap stay karena mereka sudah saling menerima kekurangannya. Yaudah, enggak bisa kita bilang itu perfect, kita liat perfect karena mereka enggak cerai. Tapi pasti di dalam-dalamnya ada konflik-konflik," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya