Fakta-fakta Gusti Chairunnysa, Puteri Indonesia Maluku Utara 2022 Terima Rp200 Juta dari Abdul Gani

Gusti Chairunnysa
Sumber :
  • Putri Indonesia

Jakarta, VIVA – Baru-baru ini, sosok Gusti Chairunnysa yang merupakan Puteri Indonesia Perwakilan Maluku Utara tengah menjadi perbincangan publik lantaran diduga menerima sejumlah uang sebesar Rp 200 juta dari mantan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani. 

Shania Hamdun Curhat Soal Erina Gundono

Ia juga diduga terlibat dalam kasus korupsi yang dilakukan mantan gubernur tersebut. Dari kasus yang tengah berada di proses penyelidikan, Gusti Chairunnysa dihadirkan sebagai saksi dalam sidang dugaan korupsi berupa suap dan gratifikasi dengan terdakwa Abdul Gani Kasuba di Pengadilan Tipikor pada PN TernaTE, Rabu 31 Juli 2024.

Putri Indonesia asal Maluku Utara tahun 2022, Gusti Chairunnysa Kusumayuda menjadi saksi sidang eks Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba

Photo :
  • ANTARA/Abdul Fatah
Finalis Puteri Indonesia DIY Ungkap Fakta Mencengangkan Erina Gudono

Pernyataan itu diakui langsung olehnya melalui sidang yang diadakan secara daring di Gedung KPK. Dalam keterangannya, Gusti mengakui menerima uang Rp200 juta dari terdakwa

"Saya menerima uang dari terdakwa AGK sebanyak 10 kali dikirimkan AGK melalui ajudan Ramadhan Ibrahim untuk biaya pendidikan untuk ikut ajang putri Indonesia tahun 2022 sebesar Rp 200 juta," kata Gusti Chairunnysa saat menyampaikan kesaksian di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Ternate, dikutip ANTARA, Kamis, 1 Agustus 2024.

5 Potret Gusti Chairunnysa, Puteri Indonesia Maluku Utara 2022 Terima Rp200 Juta dari Abdul Gani

Seperti apa fakta-fakta dari Gusti Chairunnysa yang diduga terlibat dalam dugaan kasus korupsi tersebut?

1. Puteri Indonesia Maluku Utara pada Tahun 2022

Gusti Chairunnysa yang kerap disapa Runny ini diketahui mengikuti proses seleksi Puteri Indonesia pada tahun 2022 untuk mewakili Maluku Utara. Motivasinya mengikuti ajang ini adalah untuk menjadikan dirinya lebih berani dalam menghadapi berbagai hal yang belum ia lakukan sebelumnya.

2. Baru Kenal Abdul Ghani pada Tahun 2022

Gusti Chairunnysa mengaku baru mengenal Abdul Ghani pada tahun 2022 ketika sedang mengikuti seleksi Puteri Indonesia. Setelah perkenalan di hari itu, hubungan keduanya berlanjut hingga kerap melakukan telepon.

Ia menjelaskan bahwa mantan gubernur tersebut seringkali menelepon dirinya untuk menanyakan perihal kesehariannya maupun kepribadiannya.

3. Aktif di Berbagai Kegiatan Saat Kuliah

Gusti Chairunnysa rupanya seorang mahasiswa di Universitas Leadership at London School of  Public Relations (LSPR). Di perkuliahan tersebut, ia mengambil jurusan Entrepreneurship and Leadership. Ia juga cukup aktif di berbagai kegiatan seperti Modelling Team at LSPR dan TEATRO (Workshop Project).

4. Memiliki Konsen pada Isu Budaya dan Alam

Ia memiliki konsen pada isu budaya dan alam. Gusti Chairunnysa juga memiliki kemampuan dalam storytelling yang baik terhadap budaya Indonesia. Hal ini menjadikannya sebagai sosok yang inspiratif dan menunjukkannya sebagai sosok pekerja keras. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya