Resah Kasus Diabetes Anak Tinggi, Zaskia Adya Mecca Larang Keras Anak Konsumsi Minuman Manis

Zaskia Adya Mecca, Foto: Isra Berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

JAKARTA  – Kasus diabetes tipe 2 di kalangan anak-anak diketahui mengalami kenaikan. Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 diketahui terjadi lantaran gaya hidup termasuk soal konsumsi makanan manis secara berlebihan. 

Ramai Maltodekstrin pada Susu Formula Anak Disebut Berbahaya, Ahli: Aman, Dia Non Sweet

Angka kasus diabetes tipe 2 yang meningkat juga menjadi perhatian khusus selebritis Zaskia Adya Mecca. Memiliki empat orang anak, ternyata dia dan suaminya sudah mulai menerapkan untuk tidak mengonsumsi gula tambahan pada keempat anak-anaknya.

"Aku sama mas Hanung sudah membiasakan anak-anak untuk enggak minum-minuman perasa, manis atau segala macam. Jadi apa-apa tawar, kalau gula sekarang kita bawa sendiri stevia karena takut sembarangan," kata Zaskia Adya Mecca saat ditemui awak media di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 26 Juli 2024.

Sun Life Catat Sudah Alokasikan Dana CA$52,4 Juta Buat Perangi Diabetes Sejak 2012

Zaskia mengaku dirinya sangat menjaga betul kesehatan anak-anaknya. Dia sendiri juga menyadari kebiasaan yang dibawa semenjak kecil dengan lebih sering mengonsumsi minuman manis membentuk perilaku kurang baik itu. Maka dari itu, dirinya kini sudah mulai concern untuk mengubah kebiasaan buruk itu agar anak-anaknya terhindar dari masalah kesehatan metabolik di kemudian hari.

Harga Insulin di Indonesia Mahal, Bagaimana Solusinya Buat Penderita Diabetes?

"Di zaman  kita di kepala itu apapun makanannya minumnya teh manis kan. Itu kan jadi konsep, kalau mesen mi ayam bakso minumnya enggak air putih apalagi di restoran pesennya apa air putih mending pesen es teh manis kan. Itu yang harus diubah, karena penyebab kanker, banyak penyakit lainnya itu dari gula," kata dia.

Zaskia menambahkan, bahwa kini dirinya sudah menanamkan ke keluarganya untuk meninggalkan  konsumsi gula.

"Soal kesehatan anak ngejaga banget, karena kita sekarang udah pinter ya. Kalau dulu kita minum apa-apa manis, teh manis, sekarang anak aku enggak dibiasain itu. Sekarang tugas aku, tugas orang tua di rumah menamkan tinggalkan gula," jelasnya.

Ilustrasi anak makan manis

Anak Terbiasa Konsumsi Makanan Manis Sejak Kecil, Ahli Ungkap Cara Jitu Menghentikannya

Membiasakan anak-anak makan makanan manis sejak kecil akan berpengaruh sampai ia dewasa. Gangguan metabolik pun bisa terjadi lebih cepat bahkan sebelum mereka dewasa.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2024