Noriko Ohara, Pengisi Suara Pertama Nobita Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Noriko Ohara Pengisi Suara Pertama Nobita Meninggal Dunia
Sumber :
  • DORACHAN_OFFICIAL

TOKYO – Noriko Ohara, pengisi suara yang menghidupkan karakter Nobita dalam kartun Doraemon selama beberapa dekade, meninggal dunia pada usia 88 tahun. 

Menyayat Hati, Tangis Perantau Pecah saat Saksikan Pemakaman Ibunya Cuma Lewat Video Call

Kabar duka ini disampaikan oleh agensinya, 81 Produce, pada Selasa 23 Juli 2024 lalu. Agensi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Noriko Ohara meninggal pada tanggal 12 Juli 2024, setelah menjalani perawatan untuk penyakit yang tidak disebutkan. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Doraemon & Nobita

Doraemon & Nobita

Photo :
  • flickr
Jokowi Kenang Faisal Basri: Beliau Ekonom Kritis

"Aktor perusahaan kami, Noriko Ohara (bernama asli Noriko Tobe), meninggal dunia pada 12 Juli 2024 dalam usia 88 tahun setelah menjalani perawatan sebuah penyakit yang tak membuahkan hasil," tulis 81 Produce dalam keterangannya, dikutip Kamis 25 Juli 2024. 

Doraemon adalah serial animasi yang menceritakan tentang kucing robot yang berteman dengan Nobita, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun yang selalu merasa kesulitan di sekolah. Di sana, Noriko Ohara memerankan suara Nobita dari tahun 1970-an hingga awal 2000-an.

Kabar Duka, Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih Meninggal Dunia

Noriko Ohara, yang bernama asli Noriko Tobe lahir di Tokyo pada tanggal 2 Oktober 1935. Sejak kecil, ia sudah menunjukkan ketertarikan pada dunia seni peran dan bermimpi menjadi penulis seperti Jo March dalam novel "Little Women".

Kariernya di dunia pengisi suara diawali dengan bekerja di perusahaan teater anak-anak, kemudian merambah ke sulih suara film dan drama televisi asing Amerika Serikat.

"Saya melihat hal-hal yang belum pernah saya lihat di Jepang, seperti pintu garasi yang bisa dibuka dengan sekali tekan tombol kendali jarak jauh, atau lemari es dan penyedot debu besar. Saya menikmati budaya Amerika, yang konon katanya 50 tahun lebih maju dari Jepang,” katanya.

Suara merdu dan kemampuan yang dimiliki Noriko mengantarkannya pada berbagai peran, termasuk karakter wanita dewasa dan elegan dalam film-film Hollywood.

Namun, nama Noriko Ohara menjadi tak terpisahkan dengan karakter Nobita di Doraemon. Ia mengisi suara Nobita sejak tahun 1970-an hingga 2000-an dan perannya ini telah menjadikannya legenda di industri kartun Jepang. Ia bahkan meraih penghargaan Anime Grand Prix dan Seiyu Awards atas prestasinya selama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya