Jadi Istri Komika Terkaya, Begini Cara Anissa Aziza Ajarkan Hidup Hemat pada Anak

Anissa Aziza dan Raditya Dika
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA  – Aktris sekaligus istri komika Raditya Dika, Anissa Aziza, rupanya mempunyai cara unik untuk mengajarkan anak-anaknya hidup hemat. Ya, meski hidup berkecukupan, Anissa tetap tidak ingin mengajarkan anak hidup konsumtif.

Viral Potret Lawas Dian Sastrowardoyo, Netizen Sebut Mirip Song Hye Kyo

Sebaliknya, dia ingin agar anak-anaknya tidak terlalu dimanja dengan menuruti segala kemauannya. Ini tidak hanya mengajarkan anak berhemat, tetapi juga agar menahan diri untuk tidak konsumtif. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

"Apa yang kita lakukan itu dilihat oleh anak-anak. Jadi, aku berusaha banget memperlihatkan tindakan yang baik. Nah, perilaku konsumtif itu kan tidak baik ya," kata Anissa Aziza dalam Webinar yang diadakan oleh Shopee, Selasa, 23 Juli 2024.

Didampingi Raditya Dika Bertemu Ji Chang Wook, Anissa Aziza: Puas-puasin Lihat Dia

Anissa mengatakan, dia selalu berkomunikasi dengan anak, ketika mereka sedang meminta sesuatu. "Misal, anak lagi butuh banget buku gambar karena dia di sekolah mungkin kurang eksplor. Itu kan suatu kewajiban, jadi kalau misalnya itu kewajiban atau memang kebutuhannya dia ya aku harus beli," ujarnya.

Itu berbeda bila sang anak memintanya untuk membelikan mainan. "Itu yang harus aku tahan, karena kita tuh harus mengajarkan ke anak, bahwa semua itu butuh waktu, butuh kesabaran, dan nggak semua apa yang kita mau akan bisa kita dapatkan," jelas dia.

El Rumi dan Syifa Hadju Terciduk Punya Panggilan Sayang, Begini Reaksi Maia Estianty

Anissa dan Raditya Dika sendiri mengaku bahwa keduanya memang sepakat untuk menjadwalkan waktu belanja mainan untuk anak. Ini sekaligus menjadi cara keduanya agar anak bisa belajar sabar dan menunggu.

"Aku selalu komunikasi sama anak, kakak mau apa, kenapa butuh itu? Misalnya dia minta mainan, aku bilang, tapi maaf banget ya kak, mama bisa beliin itu, tapi nggak sekarang," ungkap Anissa Aziza menirukan.

"Dia selalu tanya kenapa. Terus aku jawab, soalnya kalau beli sesuatu itu harus ngumpulin uang dulu nggak bisa langsung beli," katanya.

Menurut Anissa, sangat penting untuk tidak terlalu memanjakan anak-anak dengan memenuhi semua permintaan mereka. Kebiasaan ini dapat membentuk karakter anak-anaknya agar lebih mandiri dan bertanggung jawab.

"Supaya nggak konsumtif, harus kasih contoh, jadi aku mau nggak mau juga harus melakukan itu (nggak konsumtif). Jadi harus mengajarkan dan membedakan mana yang kebutuhan mana yang pengen aja," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Anissa Aziza menikah dengan Raditya Dika pada Mei 2018 silam. Pernikahan keduanya ini lalu dikaruniai dua orang anak yakni Alinea Ava Nasution dan Askara Asa Nasution.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya