Perempuan Indonesia Banget, Ini Alasan Putri Marino Suka Pakai Kebaya

Kebaya Kala Kini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA – Tanggal 24 Juli telah ditetapkan sebagai Hari Kebaya Nasional oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No.19 Tahun 2023. Penetapan ini dalam rangka menjaga dan melestarikan kebaya yang telah berkembang menjadi aset budaya yang sangat berharga.

Terpopuler: Putri Marino Tunjukkan Sisi Feminin dan Berani hingga Mengenal Perayaan Chuseok

Dalam rangka menyambut hari yang spesial ini, Putri Marino sebagai perempuan asli Indonesia sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat yang masih mau mengenakan kebaya di era yang modern ini. Menurut Putri Marino, rasa percaya diri anak-anak muda yang mau berkebaya patut diacungi jempol karena bisa terlihat stylish dalam balutan pakaian tradisional.

Kebaya sendiri sangat familiar bagi seorang Putri Marino. Tumbuh besar di Pulau Dewata membuat Putri Marino punya banyak koleksi kebaya. Biasanya, ia dan keluarga mengenakan kebaya untuk upacara keagamaan di Bali.

Penampilan Terbaru Wanda Hara di Runway Fashion Show Jadi Sorotan, Seperti Apa?

"Aku tumbuh besar di Bali yang mana kebaya udah jadi bagian dalam hidupku. Dulu waktu kecil, pulang ke Singaraja ikut upacara dan aku excited milih kebaya buat upacara," ungkap Putri Marino, dalam acara konferensi pers peluncuran film Kebaya Kala Kini, di Jakarta, Selasa 23 Juni 2024.

BNPT Sebut Anak-anak Hingga Perempuan Rentan Terpapar Radikalisme

Putri Marino juga kerap mencontoh orang tua dan keluarganya yang terbiasa mengenakan kebaya dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan nenek Putri Marino suka tidur mengenakan kain dan kebaya yang kebanyakan orang justru memakainya hanya untuk datang ke acara formal.

Di era modern ini, memang banyak anak muda yang sadar akan pentingnya melestarikan budaya Indonesia. Namun tak sedikit juga yang masih sungkan mengenakan kebaya karena khawatir akan terlihat kuno. Oleh karena itu, Putri Marino berharap film pendek yang dirilis oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini bisa menginspirasi anak muda agar lebih percaya diri mengenakan kebaya.

"Banyak generasi sekarang yang takut pakai kebaya, mungkin bebannya besar atau terlihat lawas kalau pakai kebaya. Harapanku dari film ini, banyak generasi sekarang yang berkenan buat pakai kebaya sehari-hari. Bisa dipadukan pakai celana jeans, sneakers. Jadikan kebaya rutinitas setiap hari," kata Putri Marino.

Film pendek Kebaya Kala Kini mengajak perempuan Indonesia untuk mendalami makna kebaya yang tidak hanya memancarkan keanggunan, tetapi juga menggambarkan ketangguhan dan kelembutan perempuan Indonesia. Kebaya adalah identitas bangsa Indonesia yang bisa mempersatukan segala kelas sosial dan lintas batas wilayah yang tersebar di seluruh Nusantara.

Film ini dapat disaksikan melalui YouTube Indonesia Kaya mulai tanggal 24 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya