Oki Setiana Dewi Sebut Suami Poligami Lagi Tanpa Persetujuan Istri Pernikahannya Sah

Oki Setiana Dewi
Sumber :
  • IG @okisetianadewi

VIVA Showbiz – Isu poligami di Indonesia bukanlah isu baru. Isu ini juga cukup sensitif di kalangan masyarakat tanah air. Bukan tanpa sebab, kebanyakan kasus poligami sendiri tidak bisa dijalankan sesuai syariat Islam.

Ustaz Khalid Basalamah Larang Istri Puji Aktor Korea Tampan di Depan Suami: Cemburunya Lebih Besar

Salah satu kasus poligami yang paling banyak dapat sorotan adalah adanya perlakuan tidak adil antara istri pertama dengan istri kedua.

Padahal, dalam Islam sendiri poligami boleh dilakukan selama pria bisa berlaku adil dengan istri-istri mereka. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Pergoki Suami Berduaan dengan Wanita Lain, Istri di Cilincing Malah Dilempar HP

Alhasil, banyak suami yang memilih menikah kembali tanpa sepengetahuan istri alias diam-diam. Salah satu alasannya mereka yang melakukan hal tersebut lantaran menjaga perasaan istri.

Isu mengenai hal ini juga sempat dibahas oleh Oki Setiana Dewi. Dalam potongan video yang diunggah di akun gosip @lambedanu, Oki Setiana Dewi memberikan pandangannya bahwa ketika suami menikah untuk kedua kalinya tanpa diketahui istri pertama adalah tetap sah di mata agama.

Kembali Unggah Video Penyiksaan dari Armor Toreador, Cut Intan Nabila: Maafin Mama Ya Nak

Oki Setiana Dewi

Photo :
  • IG @okisetianadewi

"Menikah dengan istri kedua, ketiga, keempat tanpa diketahui oleh istri pertamanya menikahnya sah," kata dia.

Namun, lebih lanjut kata Oki Setiana Dewi suami juga tidak boleh terus membohongi istri terkait pernikahannya dengan wanita lain.

Suami juga harus memahami bagaimana perasaan istri pertama yang tidak diberitahu tentang pernikahannya dengan wanita lain. Demikian juga dengan istri kedua yang harus sembunyi-sembunyi.

"Apakah seterusnya kamu akan berbohong pasti suatu hari pastilah namanya tupai melompat pasti jatuh juga istilahnya. Pastilah suatu hati pasti ketahuan. Bagaimana perasaan istri yang dibohongi berbulan-bulan, bertahun-tahun jadi apakah itu baik disembunyikan dari istri pertama, apakah itu baik untuk istri kedua yang disembunyikan, tidak diakui," ujarnya.

Diungkap oleh Oki Setiana Dewi bahwa menikah sendiri kata Rasullullah adalah bentuk syiar. Maka dari itu pernikahan juga harus dikabarkan demi mencegah terjadinya fitnah di kemudian hari.

"Menikah kata Rasulullah itu syiar, kasih tau. Kalau ada potong kambing kasih tau kenapa? Menghindari diri dari fitnah, kalau disembunyikan kita mau pergi kemana disangkanya nanti kamu sama suami orang, kamu begini, kamu begitu kasihan," ujarnya.

Oki juga menyoroti tindakan suami yang memilih menyembunyikan pernikahanya dengan wanita lain dari istri pertamanya.
 
"Kenapa harus disembunyikan? Rasullah bersabda harus jujur. Kejujuran akan mengantarkan kepada kebaikan, mengantarkan pada surga. Seseorang yang jujur dia dicatat di sisi Allah sebagai jujur. Sebaliknya begitu kalau berdusta akan berbohong berikutnya untuk menutupi yang sebelumnya," ujarnya. 

Sontak saja unggahan tersebut langsung ramai dibahas oleh netizen. Mereka mempertanyakan pernyataan Oki yang menyebut jika suami menikah lagi tanpa diketahui istri pertama sah. 

“Baru tau deh klo sah tanpa sepengetahuan istri pertama?,” komentar netizen.

“Menurut KHI pasal 5 (1) uu no.1 tahun 1974 syarat utama poligami adalah mendapat surat persetujuan dr istri pertama dengan disahkan oleh pengadilan. Jika tidak ada izin istri pertama dn tdk ada surat dr pengadilan perkawinan mereka ilegal dn bs dituntut lhoo,” kata lainnya.

“jd kalo suami mba oky nikah lagi gk sakit ati dong?,” sindir lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya