Kontroversi Keamanan Berlebihan Byeon Woo Seok Memanas! Diadukan ke Komnas HAM

Byeon Woo Seok
Sumber :
  • Instagram @byeonwooseok.id

KOREA SELATAN  – Aktor Byeon Woo Seok mendadak jadi sorotan menyusul dengan kontroversi tim keamanannya. Belum lama ini aksi tim keamanan Byeon Woo Seok mendapaat kritik keras lantaran aksi berlebihan mereka saat menjaga Byeon Woo Seok saat berada di Bandara Incehon baru-baru ini.

Mahasiswa ITB Didorong Dalami Penelitian Terkait Pengolahan Air

Insiden ini bermula saat Byeon Woo Seok terlihat berada di ruang tunggu bandara. Momen ini ternyata direkam oleh seseorang yang kebetulan berada di ruang tunggu yang sama dengan Byeon Woo Seok. Seseorang itu diketahui sedang berlibur dengan orang tua mereka. Namun sayangnya saat itu tim keamanan Byeon Woo Seok langsung mengarahkan lampu senter ke arah seseorang yang merekam Byeon Woo Seok.

Sontak saja reaksi dari tim keamanan pria kelahiran 1991 ini jadi kritikan netizen.  Netizen merasa bahwa penjaga bertindak terlalu jauh dalam upaya melindunginya, karena kebanyakan orang di lounge tersebut bukanlah penggemar, melainkan wisatawan biasa. Ada juga anak-anak yang hadir.

Mengenal Perayaan Chuseok Melalui Makanan Khas Bibimbap hingga Pajeon

Sensitivitas cahaya merupakan pertimbangan penting, itulah sebabnya sebagian besar penjaga hanya memilih untuk menyorotkan senter ke arah penggemar dalam sebuah acara di luar ruangan.

500 Personel Siaga di Bandara Soetta Kawal Paus Fransiskus Berangkat ke Papua Nugini

Pihak dari tim keamanan tersebut juga sudah angkat bicara dan mengakui kesalahan mereka serta meminta maaf atas aksi tersebut.  Mereka juga menjelaskan lebih lanjut bahwa popularitas Byeon Woo Seok tiba-tiba meroket, menyebabkan mereka harus waspada untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Mereka berjanji untuk bertindak dengan cara yang tidak membahayakan penggemar dan orang lain di masa mendatang.

"Ini adalah kesalahan petugas keamanan karena telah menyorotkan senter ke penggemar. Kami ingin meminta maaf sebesar-besarnya karena telah membuat masyarakat tidak nyaman," demikian pernyataan dari pihak keamanan Byeon Woo Seok.

Tidak hanya itu saja, pihak agensi Byeon Woo Seok juga memberikan permintaan maaf tertulis mereka atas insiden yang terjadi di Bandara Incehon akhir pekan lalu. Namun sayangnya meski sudah adanya permintaan maaf dari agensi, pihak Byeon Woo Seok sendiri masih menerima kritik dari k-netz.

Bahkan insiden tersebut membuat sejumlah pengguna komunitas melaporkan insiden ini ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Korea untuk penyelidikan lebih lanjut.

Media lokal Joongang melaporkan bahwa seorang pengguna komunitas daring menyatakan  mereka telah mengajukan pengaduan kepada Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Korea.

Laporan tersebut menyertakan tangkapan layar yang dibagikan oleh pengguna tersebut yang berbunyi,  

"Saya mendesak Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Korea untuk menyelidiki secara menyeluruh kasus pelanggaran hak asasi manusia yang timbul dari kontroversi mengenai tim keamanan Byeon Woo Seok, berdasarkan Pasal 30 Ayat 1 Undang-Undang Komisi Hak Asasi Manusia Nasional yang berlak," demikian keterangan tersebut dikutip dari laman Koreaboo.

Tak hanya itu saja, terbaru kontroversi Byeon Woo Seok ini juga menjadi headline di halaman koran berita kenamaan Chosun Ilbo. Bahkan pemberitaan kontroversi yang terjadi di bandara Incehon yang melibatkan tim keamanan Byeon Woo Seok ini dibahas di setengah halaman bagian depan koran berita tersebut.

"Apakah seorang selebritas menyewa Bandara Incheon? Petugas keamanan menghentikan penumpang dan bahkan memeriksa paspor," demikian judul headline di koran tersebut.

Mereka bahkan menambahkan grafik untuk menunjukkan proses keberangkatannya dari bandara. 

1. Petugas keamanan memeriksa paspor dan tiket penumpang di eskalator lantai empat

2. Rute Byeon Woo Seok melalui bandara

3. Petugas keamanan memblokir pintu masuk setelah Byeon Woo Seok memasuki bandara

Dalam budaya Korea, hal itu dianggap sebagai masalah besar jika ditampilkan di halaman utama surat kabar. Terungkap bahwa kontroversi keamanan bandara Byeon adalah yang pertama muncul di halaman utama sejak skandal Burning Sun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya