Mikha Tambayong Akui Tak Makan Nasi Putih Selama 12 Tahun, Ternyata Ini Alasannya

mikha tambayong
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Aktris Mikha Tambayong mengejutkan publik dengan pengakuannya yang sudah tidak makan nasi putih selama 12 tahun.

PP Pelti Apresiasi Green Slam Cup 2024

Banyak yang menduga bahwa hal tersebut dilakukannya karena diet atau ingin menurunkan berat badan. Namun, Mikha meluruskan anggapan tersebut dan membeberkan alasan sebenarnya dalam sebuah podcast YouTube TS Media.

Mikha Tambayong memulai kebiasaan ini sekitar tahun 2012 atau 2013 saat ia sedang aktif menggeluti olahraga beladiri boxing dan muaythai. Ia merasa bahwa tubuhnya menjadi lebih berat dan kurang lincah saat melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Veddriq Leonardo Bawa Emas Olimpiade dan Es Krim saat Pulang Kampung

"Awal mula aku enggak makan nasi mungkin 2012, 2013," ungkap Mikha.

Mikha Tambayong.

Photo :
  • Instagram @miktambayong.
Manfaat Ajak Anak Main Bulutangkis, Selain Sehat Ajarkan Si Kecil Kreatif Hingga Percaya Diri

"Waktu itu aku lagi latihan olahraga boxing lagi lumayan serius. Latihan terus, lagi seru aja tertarik latihan boxing dan muaythai. Terus aku merasa agak, kok badannya kayak kurang ringan," sambungnya.

Daripada mengurangi makanan favoritnya seperti dessert, Mikha memutuskan untuk mengurangi konsumsi nasi.

"Terus aku mikir, ngurangin apa ya karena aku lumayan suka makan dessert. Jadi akhirnya aku mikir, apa kurangin nasi aja," ungkapnya.

Keputusan ini pun ia jadikan sebuah kebiasaan dan gaya hidup hingga saat ini.

mikha tambayong

Photo :
  • Instagram

"Kurangin nasi udah tuh mulai jadi kebiasaan sampai akhirnya jadi lifestyle," tuturnya.

Alasan lain Mikha berhenti makan nasi adalah karena ia tidak terlalu menyukai makanan pedas yang identik dengan nasi.

Meski tidak makan nasi putih, wanita kelahiran 15 September 1994 itu tetap memastikan kebutuhan karbohidratnya dengan mengonsumsi sumber lain seperti kentang atau jenis karbohidrat kompleks lainnya. Hal ini ia lakukan terutama saat sedang menjalani syuting atau aktivitas yang membutuhkan banyak energi.

"Kalau aku lagi syuting biasanya aku makan kak. Karena aku butuh tenaga," tuturnya.

Lebih lanjut, Mikha juga menjelaskan bahwa keputusannya untuk tidak makan nasi putih ini juga sejalan dengan komitmennya untuk menjaga kesehatan. Ia memang harus mengurangi konsumsi nasi dan gula demi kesehatannya.

"Dan ternyata memang untuk alasan kesehatan aku memang harus sangat mengurangi gula," tandasnya. 

Pengalaman Mikha ini menunjukkan bahwa pola makan yang sehat tidak harus selalu identik dengan pantang nasi. Setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi tubuh yang berbeda-beda.

Penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan pola makan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya