Aktris Vizza Dara Peringatkan Tentang Keamanan dan Etika di Dunia Maya

Vizza Dara
Sumber :
  • IG @vizzadara

VIVA Showbiz – Di era digital yang semakin maju ini, pengguna internet di Indonesia terus meningkat signifikan setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah pengguna internet ini membawa manfaat besar, namun juga tantangan serius terkait keamanan dan etika digital.

55 Persen UMKM RI Manfaatkan Teknologi Digital, Paling Banyak untuk Promosi-Laporan Keuangan

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami dan menerapkan tips-tips berhati-hati di dunia digital. Scroll leboh lanjut ya.

Menghadapi tantangan ini, Webinar Makin Cakap Digital Episode 24 diadakan pada Kamis, 11 Juli 2024, dengan tema ‘Periksa Fakta Sederhana’.  Acara ini diselenggarakan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, dan dihadiri oleh siswa-siswa dari SMP 2 Manokwari dan SMP 15 Manokwari yang mengadakan nonton bareng di aula sekolah.

Trigana Air Tergelincir di Bandara Serui Papua, Bawa Rombongan Istri Pj Gubernur Papua

Acara itu menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Hayuning Sumbadra, selaku Dosen / Direktur PT Energi Mengikuti Imajinasi, membawakan pilar Etika Digital. Ilham Baladraf M.M., M.H, selaku CEO Satmaka Raharja, membawakan pilar Cakap Digital. Vizza Dara, selaku Publik Figur, juga membawakan Etika Digital.

Menawarkan Pengalaman Digital yang Menarik

“Informasi yang beredar di internet setiap detiknya itu tak terhingga, karenanya penting bagi kita untuk memilah informasi yang baik dan membuang informasi yang tidak baik. Jangan langsung percaya dan harus selalu periksa fakta sederhana!," ujar Vizza Dara melalui keterangan tertulis.

"Terutama sekali bagi kita yang memiliki akun media sosial yang dewasa ini turut mewakili identitas kita, harus kita jaga keamanannya jangan sampai diretas orang lain karena bisa membawa kerugian tak hanya nama baik tapi juga material,” sambungnya.

Peserta Webinar

Photo :
  • ist

Vizza menjelaskan lebih lanjut mengapa DigiFriends harus belajar tentang keamanan digital. Indonesia termasuk negara dengan tiga perempat populasinya adalah pengguna internet, dan dibekali dengan kepribadian positif akan selalu menganggap semua orang itu baik, sedangkan di dunia digital juga banyak penjahatnya. 

Beberapa hal yang harus dijaga oleh DigiFriends menurut Sondang adalah mengganti password setiap tiga bulan sekali, menggunakan kombinasi simbol-angka-huruf besar dan huruf kecil untuk membuat password, jangan menggunakan password yang sama untuk semua platform media sosial, dan jangan asal klik link yang diterima. Ada jutaan pengguna media sosial di Indonesia yang harus diajak untuk membiasakan diri menjauhi hoaks, berhati-hati dengan keamanan akunnya, dan selalu memeriksa fakta sederhana untuk membuat internet lebih bermanfaat bagi dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya