Dari Catut Nama Arie Kriting Sampai Viral! Kisah Sukses Raim Laode dengan Lagu Komang

Raim Laode
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

JAKARTA  – Komang merupakan lagu yang cukup populer di media sosial TikTok sepanjang tahun 2023. Lagu tersebut juga berhasil menjadi lagu yang paling banyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 2023. Lagu tersebut juga berhasil melampaui capaian lagu-lagu hits seperti Hati-Hati di Jalan milik Tulus, dan Glimpse of Us dari Joji.

Dirjen Aptika Kemenkominfo Mundur Setelah PDNS 2 Diretas, Ini Perjalanan Karirnya!

Tak hanya itu saja, di tahun 2023 Raim Laode sang penyanyi berhasil memenangkan katagori Artis Solo Pria Pop Terbaik dan Pencipta Lagu Pop Terbaik pada ajang AMI Award 2023. Bisa sukses sebagai penyanyi, namun ternyata dirinya mengawali karier sebagai seorang stand up comedian di tahun 2014 lalu.

"Sebelum terkenal dengan Komang dan Terlalu Indah ini memang saya belajar stand up comedy dulu. Kemudian terbuka jalannya lalu berada di jalan yang unik dan aneh. Kalau saya liat sekarang apa yang terjadi stand up comedy di tahun 2014 saya deklarasi sebagai stand up comedy," kata dia dalam acara media Gathering SANG Juara di Cipete Jakarta Selatan, Selasa 2 Juli 2024.

Soal Percintaan, Prilly Latuconsina Ternyata Sering Curhat Sama Sosok Ini

Berbicara mengenai masa-masa sulit dalam membangun kariernya hingga seperti saat ini, diungkap pria berusia 30 tahun ini dia akhirnya memutuskan untuk mengembangkan karier di bidang musik lantaran merasa lelah  mencatut nama orang lain untuk dikejar.

"Waktu itu sulit, waktu awal-awal berkarier karena saya catut nama orang untuk saya kejar. Arie Kriting buat apa, saya harus melampaui Arie Kriting. Dulu saya catut nama-nama orang itu untuk saya kejar, dan saya capek. Lalu saya ganti modenya sebab kalau saya mau kalahkan Arie Kriting capek, dia selalu tinggi," sambungnya.

SBY Bakal Manggung di Pestapora 2024

Raim Laode

Photo :
  • IG @raimlaode

Dia menambahkan," Saya capek, lelah saya kemudian ganti modenya ke mode juara dengan cara mengalahkan diri saya yang kemarin saya stand up comedy-an yang baru mencoba pintu musik, lalu perbaiki musik, perbaiki-perbaiki sampai akhirnya Komang di tahun lalu menjadi lagu nomor satu di negara ini," ujarnya. 

Disebutnya lagu tersebut merupakan single keenamnya selama berkarier di dunia musik sejak 2018. Dia juga mengungkap analisisnya mengapa lagu tersebut bisa 'meledak' dan menjadi fenomenal di tahun 2023 lalu.

"Analisa bodoh kayaknya sepertinya karena memang story dan materinya sangat tulus dan bagus. Itu saya tulis kepada istri saya, namanya Komang. Tahun lalu dia masuk ikut ke agamaku Islam. Karena materinya begitu tulus dan sederhana, lalu didengar orang-orang dan relate. Kalau kita dengar lagu cinta-cintaan standar, kalau Komang begitu spesifik kepada gadis yang dicintai dari kejauhan,' ujarnya.

Mengawali karier sebagai stand up comedian kemudian menjajal menjadi seorang penyanyi. Diungkap Raim Laode memang melelahkan, namun kata dia tidak ada yang dia ubah sama sekali dalam dirinya ketika membuat karya.

"Panjang dan melelahkan tapi sebenarnya tidak ada yang diubah karena sumbernya sama, dari keresahan dan inovasi. Karya seni yang ada di dunia produk ini berasal dari satu kata keresahan atau gelisah. Ada orang gelisah terhadap keadaan," kata dia.

Dia menambahkan,"ada kegelisahan dari saya yang bisa saya tuangkan dalam bentuk stand up comedy. Ada gelisahnya saya yang inovasinya hanya di musik. Ada gelisahnya saya yang inovasinya bisa dituangkan di kata-kata," ujarnya.

Meski sudah mendapatkan banyak penghargaan melalui lagu Komang tersebut, ternyata bukan menjadi pencapaian terbesar baginya. Melainkan awal dari hal besar yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, dia terus memacu dirinya menjadi seseorang yang lebih lagi setiap harinya.

"Komang yang juara tahun lalu bagi saya bukan pencapaian saya, dia adalah awal dari hal besar saya di masa depan. Mungkin seperti terdengar menjilat. Tapi saya menjalani hari ini bisa lebih menang dari hari kemarin, dan saya pastikan besok menang dari hari ini sesederhana itu saja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya