Ramai Fenomena Cek Khodam, Denny Darko Bongkar Faktanya

Ramai fenomona cek khodam
Sumber :
  • IST

VIVA – Ramai soal fenomena cek Khodam di TikTok yang menjadi viral dan menarik perhatian banyak pengguna. Mereka penasaran dengan cara "memanggil" atau "mengetahui" khodam mereka.

Viral, Oknum Dishub Hapus Tulisan Parkir Gratis di Minimarket Lombok Barat

Menanggapi fenomena yang lagi ramai ini, peramal sekaligus mentalis terkenal di Indonesia Denny Darko angkat bicara.

Menurut Denny Darko, Khodam adalah makhluk gaib yang melekat dan mengikuti seseorang kemanapun dia pergi, dalam pengertian beberapa orang yang beragama muslim, percaya bahwa Kodam ini adalah satu Jin.

Parkir Liar di Istiqlal Minta Rp 300 Ribu, Heru Budi Sebut Ratusan Parkir Liar Sudah Ditertibkan

"Enggak satu, ya. Ada beberapa, enam kalau enggak salah, yang lahir bersamaan dengan saat kita lahir. Mereka ini mengikuti kita kemanapun kita pergi," kata Denny Darko dikutip dari akun YouTube Denny Darko.

Denny Darko

Photo :
  • YouTube Denny Darko
Kata Polisi Bukan Rombongon Jokowi Halangi Ambulans, tapi Masyarakat Membludak di Jalan

"Nah, saat manusia meninggal, mereka ini kehilangan sumbernya, tali yang mengikat mereka, dan mereka ini akhirnya tinggal di tempat-tempat yang mereka gemari," lanjutnya.

Masih kata Denny, Khodam sangat berkaitan erat dengan sifat seseorang, misal  seseorang yang keras memiliki khodam yang identik dengan keras, namun Denny sendiri  meyakini kalau khodam tersebut yaitu kepercayaan atau sugesti.

"Ya wallahu'alam. Tapi jin kan gak bisa dilihat. Nah, mereka mengaku Khodamnya ini bisa ditampilkan yang kalau menurut saya ya sama absurdnya dengan orang percaya sama hantu," lanjutnya.

Fakta Cek Khodam di TikTok menurut Denny Darko

Soal fenomena cek khodam di TikTok, Denny Darko pun membongkar faktanya, menurutnya ini hanyalah kecanggihan teknologi dengan bantuan AI atau kecerdasan buatan.

"kecanggihan teknologi yang, kalau menurut saya, enggak ada hubungannya dengan realita yang ada. Jadi ya sama kayak ramalan yang ada di internet karena kartu dan hal-hal yang keluar itu oleh kecerdasan buatan," jelas Denny Darko.

Dengan tegas ia menyatakan kalau fitur cek khodam itu hanyalah untuk seru-seruan.

"Artinya tidak bisa menangkap energi yang memang real yang ada dalam manusia ini. Jadi kalau saya kira, ya buat seru-seruan aja," tekan Denny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya