Pesan Reza Rahadian untuk Pemerintahan Baru: Punya Kementerian Kebudayaan Sendiri

Reza Rahadian
Sumber :
  • IG @officialpilarez

JAKARTA – Sebagai artis yang telah lama bergelut di industri perfilman, Reza Rahadian mempunyai cita-cita tersendiri untuk kebudayaan tanah air. Dia mengatakan, ingin Indonesia mempunyai kementerian kebudayaan yang berdiri sendiri dan fokus terhadap kesenian.

Pertunjukan Budaya Guangdong, dari Wing Chun hingga Tarian Naga di Jakarta

Hal tersebut disampaikan Reza dalam acara Jalan Kebudayaan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek. Acara yang dihelat untuk memperingati tujuh tahun Undang-undang Pemajuan Kebudayaan.

"Saya berharap di pemerintahan yang baru nanti, kita punya kementerian kebudayaan sendiri," kata Reza Rahadian di acara yang digelar di Senayan, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Pemerintah Salurkan Bantuan Saldo Dana Gratis untuk 18,6 Juta Siswa, Simak Rincian Lengkapnya

Hal tersebut, kata Reza, penting, karena nantinya industri hiburan bisa memiliki dukungan kuat dari pemerintahan yang memang fokus terhadap kesenian. Apalagi, sambung dia, Indonesia mempunyai keragaman seni yang kaya, mulai dari seni lukis, musik, film, teater, dan lainnya.

"Saya sempat berbicara di beberapa forum tentang apa sih urgensinya berharap Indonesia itu punya Kementerian Kebudayaan sendiri, punya menteri kebudayaannya sendiri, karena efek dominonya besar sekali. Penetrasinya clear, karena fokus. Apalagi, Indonesia punya banyak aset, ragam budaya Indonesia, i think it's about time," ujar aktor Habibie & Ainun itu.

Peretas PDN Minta Uang Tebusan 8 Juta Dolar, Pemerintah Bayar?

Reza menjelaskan, bila Indonesia memiliki Kementerian Kebudayaan sendiri, maka nanti pemerintah bisa fokus menampung aspirasi dari para pelaku seni dan budaya. "Semoga dapat terwujud di pemerintahan nanti," katanya.

Namun, ketika terwujud nanti, Reza Rahadian ingin jika orang-orang di dalam kementerian kebudayaan tersebut bukanlah sekadar 'titipan'. "Wah, kalau kementerian kebudayaan sudah berdiri sendiri nih, semoga ini bukan dari partai A atau B tapi memang diisi oleh orang-orang yang memahami apa itu kebudayaan," kata artis 37 tahun ini.

Ketika disinggung apakah dia berminat masuk ke pemerintahan bila kementerian kebudayaan sudah terwujud, Reza masih memberikan jawaban samar. "I think I don't know, to be honest," ujarnya singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya