CCTV Terbongkar! Film Dokumenter Burning Sun Ungkap Sisi Gelap Seungri, Pantaskah Dia Bebas?

Skandal Seungri kembali jadi sorotan
Sumber :
  • Koreaboo

KOREA SELATAN – Skandal kasus Burning Sun yang terjadi di tahun 2019 kembali jadi sorotan. Hal ini menyusul dengan perilisan dokumenter yang dirilis oleh BBC pada Minggu 19 Mei 2024. 

Habib Jafar Ajak BTS, NCT hingga EXO Ikut Maulid Nabi di Korea, Isi DM-nya Jadi Sorotan Netizen

Dalam film dokumenter Burning Sun ini, kita disajikan dengan potongan video, rekaman, dan isi obrolan yang sebelumnya tidak pernah diketahui oleh publik, yang mengungkapkan keterlibatan Seungri dari BIGBANG dan beberapa nama besar lainnya seperti Jung Joon Young, dan Choi Jong Hoon hingga seorang polisi senior.

Dalam dokumenter tersebut terungkap, tak satu pun dari idol K-Pop yang terlibat dalam skandal itu memiliki koneksi yang lebih baik daripada Seungri mantan BIGBANG. Seungri sendiri dikaitkan dengan klub Burning Sun dan diduga menjadi anggota grup chat yang mana dalam chat tersebut menjadi sumber video seks ilegal.

Jaksa Jemput Paksa Warga Korea Usai Gelapkan Dana Senilai Rp26 Miliar

Dalam kasus Burning Sun itu, Seungri dinyatakan bersalah setelah mengatur perdagangan seks, perjudian, dan beberapa tuduhan lainnya. Namun sayangnya, Seungri hanya mendapat hukuman selama 18 bulan kurungan. 

Mantan Idol Korea Ditangkap karena Memalsukan Catatan Medis untuk Menghindari Wajib Militer

Hal ini memberikan banyak perspektif berbeda mengenai tindak kejahatan yang dilakukan Seungri, sehingga memungkinkan dia mendapat dukungan yang kuat setelah bebas dari penjara awal tahun 2023 lalu.

Namun menariknya dalam dokumenter investigasi yang dilakukan oleh BBC World, dan BBC Eye terdapat sebuah potongan video yang menimbulkan pertanyaan tentang kesalahan Seungri. 

Dalam cuplikan film dokumenter tersebut, Seungri terlihat meneriaki seorang wanita seolah-olah dia akan memukulnya sebelum meraih pergelangan tangannya dan mencoba menariknya.

Rasa bersalah dan peran Seungri dalam kejahatan yang terjadi dipertanyakan dengan dirilisnya film dokumenter ini. Dalam dokumenter tersebut juga menampilkan chat yang mana Seungri sempat terlihat menanggapi video seks ilegal yang diambil orang-orang yang ada di dalam video tersebut. 

"Siapa dia?," demikian chat tanggapan Seungri atas video seks ilegal dalam chat tersebut.

Sebagai informasi, atas kasus ini sejumlah idol seperti Jung Joon Young, dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena pemerkosaan beramai-ramai dan karena mengambil serta mendistribusikan molka. Sementara itu, Choi Jong Hoon, dijatuhi hukuman dua setengah tahun karena perannya dalam pemerkosaan berkelompok. Sementara itu, Seungri didakwa mendapatkan pelacuran untuk investor, penggelapan, molka, dan menghasur kekerasan. Dia divonis satu tahun enam bulan di tingkat banding. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya