Polisi Segera Tetapkan Tersangka Kasus Pelecehan Finalis Miss Universe Indonesia

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023
Sumber :
  • ist

JAKARTA - Polisi akan menetapkan tersangka kasus dugaan pelecehan seksual bermodus body checking pada finalis Miss Universe Indonesia (MUID). Hal itu diungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi.

Polisi Tangkap 2 Tersangka Baru Kasus Pembubaran Diskusi di Kemang

"Mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami tetapkan beberapa tersangka untuk Miss universe," ujarnya kepada wartawan, Jumat 29 September 2023. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Untuk itu, pekan depan pihaknya akan memanggil sejumlah saksi untuk diperiksa dan dipadukan dengan hasil digital forensik.

Penjelasan Polisi soal Stasiun Manggarai Penuh Sesak di HUT TNI

"Nanti kami dalami lagi yang jelas minggu depan kami akan konsen untuk memadukan digital forensik maupun keterangan saksi-saksi. Kita harus padukan semua," kata Hengki.

Mahasiswi Untar Jatuh dari Lantai 4 Gedung Diduga Bunuh Diri, Polisi Ungkap Perilaku Aneh Korban

Sementara itu, kuasa hukum korban PKN alias Natasha, yaitu Melissa Anggraini menyebut sejumlah saksi bakal diperiksa lagi hari ini. Adapun jadwal pemanggilan dilakukan sekira pukul 10.00 WIB.

“Saya dapet informasi dari penyidik hari ini, dari saksi-saksi dipanggil ya, ada Ko Rio (Rio Motret), Bunda Kiki sebagai provincial director, ada dari eks Miss Universe Indonesia juga Ko Elwen. Kemudian dari pihak MUID dari project director kalau tidak salah hari ini juga dipanggil yakni orang-orang yang berada di bilik juga hari ini diminta keterangan,” kata Melissa.

Sebelumnya diberitakan, status kasus dugaan pelecehan seksual bermodus body checking pada finalis Miss Universe Indonesia (MUID) naik ke penyidikan. Hal ini setelah dilakukan gelar perkara.

"Sudah dilakukan gelar perkara untuk menaikkan menjadi proses penyidikan," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin 28 Agustus 2023.

Polda Metro Jaya resmi menerima laporan polisi yang dibuat finalis Miss Universe Indonesia (MIUD) 2023, terkait dugaan pelecehan seksual dalam ajang tersebut. Laporan diterima dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA.

Anggota Miss Universe Indonesia (MIUD) 2023 mendatangi Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

"Kami akhirnya melaporkan perbuatan dugaan adanya pelecehan yang dilakukan terhadap klien kami," ucap kuasa hukum korban PKN alias Natasha, Mellisa Anggraeni di Markas Polda Metro Jaya, Senin 7 Agustus 2023.

Untuk diketahui, ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 sukses digelar pada Kamis, 3 Agustus 2023, di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Jakarta.

Fabienne Nicole Groeneveld berhasil keluar sebagai pemenang dan meraih mahkota sebagai Miss Universe Indonesia 2023 yang akan bersaing di kancah internasional.

Selain Fabienne, ada nama Vina Anggi Sitorus sebagai 1st Runner-up dan Muthia Fatika Rachman sebagai 2nd Runner-up yang juga mendapat perhatian. Keputusan ini diambil oleh dewan juri yang salah satunya adalah aktris Cathy Sharon.

Sebagaimana diketahui, untuk menjadi pemenang di ajang kecantikan ini perlu melewati berbagai tahap seleksi yang sangat ketat. Ada banyak persyaratan resmi yang juga harus dipenuhi oleh para pesertanya. Kecantikan yang mereka miliki tidak hanya terpancar dari wajah saja, tetapi juga bentuk tubuh hingga intelegensinya.

Salah satu seleksi yang dilakukan oleh para finalis adalah pengecekan tubuh atau body checking. Kecurigaan adanya dugaan curang di balik layar MUID pun dibongkar oleh Province Director, Sally Giovanny, lewat unggahan di Instagramnya. 

Sally mengungkapkan ada kabar yang menyebutkan bahwa para finalis MUID 2023 diminta untuk telanjang di hadapan para penilainya. Tak hanya itu, mereka juga difoto yang dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya